DAERAH

34 Desa di Lamongan Berstatus Desa Mandiri

Benhillpos.xom ll Lamongan, Jatim – Status Desa Mandiri di Kabupaten Lamongan meningkat. Berdasarkan hasil data IDM (Indeks Desa Membangun) pada tahun 2021, 34 desa dinyatakan berstatus mandiri.

Menurut Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat Desa (PMD) Kabupaten Lamongan Khusnul Yaqin menjelaskan dari 462 desa, 34 dinyatakan berstatus mandiri, 157 desa berstatus maju dan 271 berstatus berkembang. Sehingga, status IDM naik tahun 2021 di Kabupaten Lamongan berjumlah 75 desa.

“Dari 16 desa naik menjadi 34 desa. Desa majunya juga mengalami peningkatan, sehingga mengurangi jumlah desa berkembangnya. Alhamdulillah di Lamongan sudah tidak ada desa tertinggal.” ungkapnya saat melakukan audiensi dengan Bupati di Ruang pertemuan Pemkab lamongan pada, Senin (21/6/2021) kemarin.

Bahkan di tengah pandemi, Desa Banjarmadu mengalami kenaikan langung hingga dua level dari status berkembang menjadi mandiri.

“Dari 34 desa berstatus mandiri ini, ada satu desa yakni Desa Banjarmadu yang awalnya berstatus desa berkembang langsung nail level ke mandiri,” jelasnya.

Bupati Lamongan Yuhronur Efendi mengapresiasi capaian dan meminta agar semua pihak khususnya dinas PMD tetap menstimulus daya ungkit desa.
“Dinas PMD sebagai lembaga yang sangat berperan, tentunya kita semua juga sangat berperan disini, dari kemajuan dan peningkatan itu pasti ada berbagai indikator yang bisa kita angkat untuk bisa mengungkit desa itu agar menjadi desa mandiri,” tutupnya.

Penilaian IDB didasarkan pada Permendesa No 2 Tahun 2016 yang terdapat tiga unsur penilaian yakni IKS (Indeks Ketahanan Sosial), IKE (Indeks Ketahanan Ekonomi) dan IKL (Indeks Ketahanan Lingkungan).

(Diks).

Bagikan :
BERITA TERKAIT :  (Sunaryadi) Selaku Kepala Desa Karang Gede Kec Sikap Dalam, Giat Bersama Masyarakat Melaksanakan Pencegahan Penyakit Demam Berdara

Related posts

DPC RBBS Kota Medan Adakan Rapat Kepengurusan, Ketua Umum RBBS Berikan Arahan Kepada Pegurus

Daniel Manurung

Jabar Siapkan Strategi Lacak dan Tes COVID-19 Berbasis RT

Sendi Eka Kurniawan

Tinjau Tanggul Citarum, Plt.Bupat Bekasi Bagikan Paket Sembako Dan Selimut Kepada Warga 

Daniel Manurung

Leave a Comment

error: Content is protected !!