5 Hari Korban Tenggelam Di Danau Toba, Babinsa Dampingi Tim Gabungan Bantu Evakuasi Korban Tenggelam

Benhillpos.com | Porsea – Bintara Pembina Desa (Babinsa) Koramil 13/Porsea Kodim 0210/TU Koptu Mangara Marpaung dan Kopda Halomoan Sinambela mendampingi tim gabungan membantu melakukkan evakuasi korban tenggelam warga jemaat Gereja Advent Pematang Siantar, Robbi Hutauruk (44) yang tenggelam di Pantai Pasir Putih, Desa Parparean ll, Kecamatan Porsea Kabupaten Toba dengan tujuan retreat kebaktian rohani, kini ditemukan dalam keadaan meninggal dunia.

Setelah lima hari pencarian, Robbi Hutauruk, korban tenggelam, ditemukan di Sungai Asahan sekitar Kampung Sitorang jae Desa sitio-tio Kecamatan Siantarnarumonda sekitar +_ 3 Km dari lokasi awal tenggelamnya korban di desa Parparean II.

Kapolsek Porsea melalui Kanit Reskrim Iptu. Libertus Siahaan kepada awak media saat di konfirmasi di RSUD Porsea menjelaskan, Korban awalnya diketemukan oleh Bangun Manurung (44) ABK (Anak Buah Kapal) Kapal Keruk PT.Jasa Tirta yang sedang melakukan pekerjaan pembersihan dan penggalian sepanjang ruas aliran sungai Asahan desa Galagala Pakkailan Kecamatan Porsea.

Jasad korban diketemukan tepat di ruas aliran sungai asahan Desa Galagala Pakkailan Kec.Porsea dekat yang berdekatan dengan desa Siantar Sitiotio Kec.Siantar Narumonda Kamis, (27/10/2022) sekitar pukul 11.20 Wib berjarak +_ 3 Km dari lokasi awal tenggelamnya korban di desa Parparean II.

Posisi korban saat diketemukan dalam posisi mengapung dan membengkak yang diapit dan dikelilingi oleh tumbuhan enceng gondok berdekatan dengan di bawah rumpunan pokok bambu berduri yang tumbuh ditepian aliran sungai dengan kondisi jasad korban sudah mulai agak membusuk dan dibagian tubuh korban kulitnya sudah ada yang mulai mengelupas

Diberitakan sebelumnya, Pada hari Minggu (23/10/2022) sekira 06.30 Wib, Rombongan Jemaat dari Gereja Masehi Advent Hari Ketujuh Maranatha Martoba berangkat dari Pematang Siantar menuju Pantai Pasir Putih, Desa Parparean ll, Kecamatan Porsea Kabupaten Toba dengan tujuan retreat kebaktian rohani.

BERITA TERKAIT :  Breaking News : 6 Rumah Warga Di Desa Sibuntuon Uluan Di Lalap Si Jago Merah

Rombongan tiba pukul 09.30 Wib di Pantai Pasir Putih dengan 2 Unit Minibus dan 1 Unit Bus besar dengan jumlah seluruh penumpang sebanyak 60 orang Dewasa, remaja dan anak-anak.

Kemudian diadakan kebaktian singkat yang dipimpin oleh Pdt Welman Pandiangan STh. Pada pukul 13.30 Wib Dora Simanjuntak (istri Ronny Hutauruk) mencari suaminya dengan maksud untuk mengajak nya makan siang namun Dora Simanjuntak tidak menemukan suaminya, kemudian Dora Simanjuntak memberitahukan kepada rombongan jemaat tentang tidak ditemukannya suaminya tersebut.

Rombongan yang menyaksikan, sekira pukul 13.00 Wib, Lomo Parsaoran Sitorus melihat Robby Hutauruk masuk ke dalam air Danau Toba dan Jaya Hutauruk anak korban melihat bapaknya Robby Hutauruk berada di danau toba sedang berenang.

Namun, rombongan yang mencari keberadaan Ronny Hutauruk di sekitar Pantai Pasir Putih tidak ditemukan sampai pukul 16.00 Wib.

Danramil 13/Porsea Kapten Inf Tetap Lumbantoruan melalui babinsa yang juga ikut dalam pencarian dan melakukan mengevakuasi korban menuturkan Kami bersama tim gabungan melakukkan evakuasi korban untuk dibawa ke RSUD Porsea

Penyerahan jasad korban kepada pihak keluarga oleh pihak RSUD Porsea bersama pihak Kepolisian sektor Porsea jajaran Polres Toba dan Babinsa turut disaksikan dan dihadiri camat Porsea Edward Sidabutar dan ditempat juga hadir melihat Ketua Umum KMDT (Komite Masyarakat Danau Toba) Edison Manurung.

Pantauan awak media di ruang mayat RSUD Porsea sebelum diberangkatakan untuk dibawa pihak keluarga kembali ke P.Siantar diawali dengan acara doa, di ikuti dan diberangkatkan juga oleh jemaat dan pengurus gereja Advent Masehi Hari Ke Tujuh Sipitupitu Desa Narumonda V Kecamatan Siantar Narumonda Kabupaten Toba.

Sementara Dandim 0210/TU Letkol Inf Hari Sandra saat di konfirmasi Benhillpos.com melalui pesan WhatssApp mengapresiasi apa yang dilakukkan pihaknya bersama tim gabungan TNI, Polri, maupun Basarnas dalam membantu evakuasi korban tenggelam setelah selama lima hari pencarian korban baru ditemukan.

BERITA TERKAIT :  AKBP Taufiq Hidayat Thayeb Sidak Ke Pelayanan Publik Terpadu Polres Toba

“Kami sangat mengapresiasi kegiatan evakuasi yang dilakukkan tim gabungan TNI, Polri dan Basarnas dalam melakukkan pencarian dan mengevakuasi korban,”kata Letkol Inf Hari Sandra

Harapannya, ini terus ditingkatkan bersinergi dalam membantu masyarakat yang terkena musibah dan lainnya, agar masalah apapun yang ada di wilayah bisa sama sama kita atasi bersama.

“Jadi kapanpun dan dimanapun personel kami khususnya di wilayah Kabupaten Toba, yang sekiranya dibutuhkan, kami siap turunkan dalam membantu masyarakat yang terkena musibah maupun bencana alam,”pungkas Dandim 0210/TU Letkol Inf Hari Sandra. ( DNM )

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

error: Content is protected !!