Allah Sangat Bangga Kepada Jemaat yang Taat dan Setia

Benhillpos.com | Bogor – Cibinong, Ibadah Minggu Raya GPdI Jemaat Philadelphia Ministry Cibinong. Renungan Firman Tuhan disampaikan langsung oleh Gembala Sidang Pdt. Sihar Alex Silitonga. Minggu, (06/02/22).

Wahyu 3:7-8
(7)  “Dan tuliskanlah kepada malaikat jemaat di Filadelfia: Inilah firman dari Yang Kudus, Yang Benar, yang memegang kunci Daud; apabila Ia membuka, tidak ada yang dapat menutup; apabila Ia menutup, tidak ada yang dapat membuka. (8) Aku tahu segala pekerjaanmu: lihatlah, Aku telah membuka pintu bagimu, yang tidak dapat ditutup oleh seorang pun. Aku tahu bahwa kekuatanmu tidak seberapa, namun engkau menuruti firman-Ku dan engkau tidak menyangkal nama-Ku.”

Ayat ini disampaikan oleh rasul Yohanes ditujukan kepada Jemaat di Philadelphia, yang berarti bahwa tidak ada yang dapat menghambat dan menghentikan pekerjaan ALLAH.

Jika kita renungkan ayat ini bahwa Allah bangga terhadap jemaat Philadelphia, padahal sesungguhnya jemaat ini bukan yang kuat secara kehidupan jasmani dan kehidupan ekonomi. Mereka adalah jemaat yang lemah secara tubuh jasmani.

Namun apa yang membuat Allah begitu bangga terhadap jemaat Philadelphia?
Yaitu kesetiaan Mereka terhadap Allah, mereka jemaat yang taat kepada Allah. Mereka senantiasa menuruti firman Allah.
Sebagaimana yang ditegaskan dalam ayat Alkitab  Wahyu 3:10-11
(10) Karena engkau menuruti firman-Ku, untuk tekun menantikan Aku, maka Aku pun akan melindungi engkau dari hari pencobaan yang akan datang atas seluruh dunia untuk mencobai mereka yang diam di bumi.
(11) Aku datang segera. Peganglah apa yang ada padamu, supaya tidak seorang pun mengambil mahkotamu.

Maknanya peliharalah keselamatan yang dari Allah. Tetaplah taat dan setia pada persekutuan dengan hadirat Allah. Janganlah kiranya kita menduakan bahkan menyangkal Tuhan dalam hidup kita. Ingatlah bahwa Tuhan Yesus Kristus akan datang untuk yang kedua kali untuk menjemput orang-orang yang tetap setia dan percaya padaNya.

Ingat… Tuhan tidak mencari orang yang kuat secara lahiriah, tuhan tidak mencari orang yang cerdas secara jasmani, tetapi Tuhan mencari yang taat dan setia kepada Tuhan.

Dunia memang mencari orang-orang yang kuat, yang cerdas dan yang sehat. Tetapi pandangan Allah dan pandangan dunia sangatlah jauh berbeda. Tuhan sangat memperhitungkan dan memperhatikan orang-orang yang setia dan taat.

Coba kita renungkan Firman Allah yang disampaikan dalam ayat berikut :

Yeremia 17:5
“Beginilah firman TUHAN: “Terkutuklah orang yang mengandalkan manusia, yang mengandalkan kekuatannya sendiri, dan yang hatinya menjauh dari pada TUHAN!”

Yesaya 5:21
“Celakalah mereka yang memandang dirinya bijaksana, yang menganggap dirinya pintar! “

Tuhan berkata pada jemaat Philadelphia aku tahu seberapa kekuatanmu. Betapa Allah sungguh mengasihi Jemaat Philadelphia oleh karena kesetiaannya.

Sebagaimana juga dikisahkan dalam Alkitab bagaimana Raja Yosafat mengakui kelemahan dan Ketidakberdayaannya namun mereka datang kepada Tuhan dan mengandalakan kekuatan Allah. Seperti Doa yang disampaikan oleh Raja Yosafat. Ini adalah sikap Raja Yosafat dalam menghadapi tekanan, Ia mengambil keputusan untuk mencari Tuhan.

2 Tawarikh 20:12
“Ya Allah kami, tidakkah Engkau akan menghukum mereka? Karena kami tidak mempunyai kekuatan untuk menghadapi laskar yang besar ini, yang datang menyerang kami. Kami tidak tahu apa yang harus kami lakukan, tetapi mata kami tertuju kepada-Mu.”

Tindakan Raja Yosafat merupakan langkah yang tepat. Dia tidak tergesa-gesa dalam mengambil keputusan untuk bertindak. Tetapi mereka mengandalkan dan menghadirkan Tuhan dalam setiap langkah dan perjalanan mereka. Mereka sadar akan kelemahan mereka, itu sebabnya meraka datang meminta pertolongan Tuhan.

2 Tawarikh 20:4
“Dan Yehuda berkumpul untuk meminta pertolongan dari pada TUHAN. Mereka datang dari semua kota di Yehuda untuk mencari TUHAN.”

Orang yang membutuhkan dan mengasihi Tuhan, Ia pasti akan datang dan bersujud kepada Allah. Maka mari saudara jangan pernah merasa kuat, merasa pintar dihadapan Allah.

Teruslah miliki hati dan jiwa yang haus dan lapar kepada Allah. Hanya orang yang haus dan lapar yang membutuhkan makanan.

Amsal 27:7 
“Orang yang kenyang menginjak-injak madu, tetapi bagi orang yang lapar segala yang pahit dirasakan manis.”

Sebagaimana Allah ingatkan pada kita jangan pernah merasa kenyang, merasa puas dihadapan Tuhan. Jangan pernah merasa kuat dihadapan Tuhan.

Tetapi datanglah kepada Tuhan Katakan, Tuhan Aku membutuhkan Tuhan, Tanpa Tuhan aku tidak berdaya dan tak berarti apa-apa. Akui kelemahanmu dihadapan Tuhan. Teruslah setia dalam bersujud dan kerendahan hati dihadapan Tuhan. Percaya pertolongan Tuhan ajaib dan luar biasa bagi setiap orang yang setia dan mengandalkan Tuhan.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

error: Content is protected !!