DAERAH  

Bekas Galian C Di Sulap Menjadi Destinasi Wisata Desa Yang Bernilai Ekonomis Tinggi

Benhillpos.com || Kabupaten Cirebon – Pemerintah Desa Kepuh Kecamatan Palimanan Kabupaten Cirebon terus berupaya memaksimalkan potensi yang ada di desanya. Salah satunya adalah dengan mengembangkan potensi kolam bekas galian C untuk dijadikan tempat wisata dan Edukasi. Minggu ( 16 – 01 – 2022 ).

Berawal dari tempat yang tidak memiliki nilai jual tinggi dan tak terawat kini bekas galian C yang berada di desa kepuh kecamatan Palimanan tersebut berubah menjadi objek wisata desa yang bernilai ekonomis tinggi dan di Namai taman wisata Raden benadi.

Kolam tersebut telah dibenahi menjadi taman dan tempat wisata bermain serta edukasi bagi siswa, pengembangan ini bertujuan untuk memberikan manfaat bagi warga Desa Kepuh yaitu untuk mengurangi pengangguran dan meningkatkan ekonomi masyarakat serta menjadi sumber Penghasilan Asli Desa (PAD).

Pembangunan Wisata Desa taman benadi akan terus dilakukan secara bertahap, sebab membutuhkan dana yang besar untuk membangun infrastruktur dan fasilitas pendukung lainnya. Dengan demikian jumlah wisatawan yang berkunjung untuk menikmati suasana taman bermain akan semakin banyak.

Menurut Kades Desa Kepuh Maskari kepada awak media “dengan membangun wisata desa maka desa akan mendapatkan Pendapatan Asli Desa dan selain itu berefek domino secara ekonomi kepada masyarakat. Masyarakat bisa bekerja dikawasan sekitar wisata dan juga bisa berjualan,” ungkapnya.

Kini lokasi yang kurang lebih satu hektar tersebut telah memiliki taman bermain bagi anak dan juga wahana perahu bebek goes hasil dari saran warga desa dan netizen di media sosial, Saran tersebut di dapat baik melalui media sosial maupun yang datang langsung ke desa untuk memberikan sumbang saran nya kepada kami yang kami tampung serta kami coba terapkan.

BERITA TERKAIT :  Forkopimda Sumut Shalat Gaib dan Doa Bersama Bagi Korban Tragedi Kanjuruhan

Taman Wisata dan Edukasi Raden benadi menjadi bagian dari inovasi Pemdes Kepuh Kecamatan Palimanan Kabupaten Cirebon untuk meningkatkan ekonomi masyarakat dan meningkatkan PAD (Pendapatan Asli Desa) Kepuh.

Kedepannya pemerintah desa Kepuh akan menggandeng pemerintah kabupaten Cirebon maupun pihak swasta yang ingin menginvestasikan modal usahanya secara profesional dan proporsional dengan harapan agar objek wisata Raden benadi desa Kepuh ini dapat berkembang dan menambah wahana yang ada di lokasi objek wisata desa kepuh raden benadi.

Dengan tujuan dapat menjadi penghasil pendapatan asli desa serta pendapatan asli daerah melalui sektor usaha pariwisata dan dapat di kenal oleh khalayak umum baik wisatawan domestik maupun mancanegara.

( Sendi )

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

error: Content is protected !!