DAERAH  

Breaking News : 5 Hari Pencarian Korban Tenggelam Di Danau Toba, Robbi Hutauruk Akhirnya Di Temukan

Benhillpos.com | TOBA – Akhirnya pencarian korban tenggelam jemaat Advendt Hari Ke Tujuh P.Siantar Robbi Hutauruk (44) berakhir, korban ditemukan Kamis (27/10) sekira pukul 11.00 WIB

Setelah 5 hari pencarian dilakukan oleh Tim SAR Basarnas Danau Toba bersama BPBD Kabupaten Toba akhirnya jasad korban diketemukan.

Kapolsek Porsea melalui Kanit Reskrim Iptu. Libertus Siahaan kepada awak media saat di konfirmasi di RSUD Porsea menjelaskan, Korban awalnya diketemukan oleh Bangun Manurung (44) ABK (Anak Buah Kapal) Kapal Keruk PT.Jasa Tirta yang sedang melakukan pekerjaan pembersihan dan penggalian sepanjang ruas aliran sungai Asahan desa Galagala Pakkailan Kecamatan Porsea.

Jasad korban diketemukan tepat di ruas aliran sungai asahan Desa Galagala Pakkailan Kec.Porsea dekat yang berdekatan dengan desa Siantar Sitiotio Kec.Siantar Narumonda Kamis, (27/10/2022) sekitar pukul 11.20 Wib berjarak +_ 3 Km dari lokasi awal tenggelamnya korban di desa Parparean II.

Posisi korban saat diketemukan dalam posisi mengapung dan membengkak yang diapit dan dikelilingi oleh tumbuhan enceng gondok berdekatan dengan di bawah rumpunan pokok bambu berduri yang tumbuh ditepian aliran sungai dengan kondisi jasad korban sudah mulai agak membusuk dan dibagian tubuh korban kulitnya sudah ada yang mulai mengelupas

Diberitakan sebelumnya, Pada hari Minggu (23/10/2022) sekira 06.30 Wib, Rombongan Jemaat dari Gereja Masehi Advent Hari Ketujuh Maranatha Martoba berangkat dari Pematang Siantar menuju Pantai Pasir Putih, Desa Parparean ll, Kecamatan Porsea Kabupaten Toba dengan tujuan retreat kebaktian rohani.

Rombongan tiba pukul 09.30 Wib di Pantai Pasir Putih dengan 2 Unit Minibus dan 1 Unit Bus besar dengan jumlah seluruh penumpang sebanyak 60 orang Dewasa, remaja dan anak-anak.

Kemudian diadakan kebaktian singkat yang dipimpin oleh Pdt Welman Pandiangan STh. Pada pukul 13.30 Wib Dora Simanjuntak (istri Ronny Hutauruk) mencari suaminya dengan maksud untuk mengajak nya makan siang namun Dora Simanjuntak tidak menemukan suaminya, kemudian Dora Simanjuntak memberitahukan kepada rombongan jemaat tentang tidak ditemukannya suaminya tersebut.

BERITA TERKAIT :  Kurang Hati Hati, Innova Putih Seruduk Innova Reborn Hitam, Tidak Ada Korban Jiwa, Ini Kronologis Kejadiannya

Rombongan yang menyaksikan, sekira pukul 13.00 Wib, Lomo Parsaoran Sitorus melihat Robby Hutauruk masuk ke dalam air Danau Toba dan Jaya Hutauruk anak korban melihat bapaknya Robby Hutauruk berada di danau toba sedang berenang.

Namun, rombongan yang mencari keberadaan Ronny Hutauruk di sekitar Pantai Pasir Putih tidak ditemukan sampai pukul 16.00 Wib.

Dijelaskan Iptu.Libertus Siahaan, begitu ABK mengetahui ada sesosok mayat mengapung di apit tumbuhan enceng gondok diruas aliran sungai Asahan Galagala Pakkailan langsung memberikan informasi kepada warga sekitar dan selanjutnya diinformasikan kepada pihak kepolisian Sektor Porsea.

Tidak berselang lama pihak Tim SAR Basarnas Danau Toba Parapat dipimpin Pimpinan Regu SAR Basarnas Danau Toba Herlan bersama Tim Kedadaruratan BPBD Kabupaten Toba sudah tiba di lokasi penemuan mayat dan langsung melakukan evakuasi korban.

Selanjutnyat jasad korban dimasukkan ke kantong mayat dan dibawa mengunakan perahu motor Tim SAR Basarnas dibantu beberapa warga dan membawanya ke RSUD Porsea bersama pihak Kepolisian Sektor Porsea untuk dilakukan pembersihan dan visium.

Dijelaskan Kanit Reskrim Polsek Porsea Iptu Libertus Siahaan, setelah pembersihan dan visum dilakukan oleh pihak RSUD Porsea selanjutnya akan diserahkan kepada pihak keluarga untuk dilakukan acara selanjutnya sesuai budaya adat Batak oleh pihak keluarga.

Pihak keluarga telah membuat surat pernyataan tidak akan melakukan tuntutan apapun dan mengakui tenggelamnya korban murni karena kecelakaan saat berenang di pantai pasir putih Parparean Desa Parparean II Kecamatan Porsea Kabupaten Toba disaat sedang berwisata Rohani bersama warga jemaat gereja Advendt Masehi Hari Ke Tujuh Pematang Siantar pada hari Minggu, (23/10/2022) lalu.

Penyerahan jasad korban kepada pihak keluarga oleh pihak RSUD Porsea bersama pihak Kepolisian sektor Porsea jajaran Polres Toba turut disaksikan dan dihadiri camat Porsea Edward Sidabutar dan ditempat juga hadir melihat Ketua Umum KMDT (Komite Masyarakat Danau Toba) Edison Manurung.

BERITA TERKAIT :  Kolaborasi Kapolres Toba Bersama Dandim 0210/TU Terima Langsung Aspirasi Damai Perwakilan Warga Pencari Keadilan

Pantauan awak media di ruang mayat RSUD Porsea sebelum diberangkatakan untuk dibawa pihak keluarga kembali ke P.Siantar diawali dengan acara doa, di ikuti dan diberangkatkan juga oleh jemaat dan pengurus gereja Advent Masehi Hari Ke Tujuh Sipitupitu Desa Narumonda V Kecamatan Siantar Narumonda Kabupaten Toba. ( DNM )

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

error: Content is protected !!