DAERAH

Bupati Humbahas Bersama Forkopimda Tanam Jagung di Desa Parsingguran II Kecamatan Pollung

Benhillpos.com | Doloksanggul – Bupati Humbang Hasundutan Dosmar Banjarnahor, SE bersama Forkopimda dan Masyarakat tanam jagung (29/6) di Desa Parsingguran II, Kecamatan Pollung. Penanaman jagung ini adalah jenis Pioner 32 (P32) yang dianggap sangat baik tumbuh di daerah Humbang Hasundutan.

Bupati Humbang Hasundutan Dosmar Banjarnahor, SE menyampaikan bahwa dengan bertanam jagung maka kehidupan masyarakat akan lebih baik karena saat ini fluktuasi harga jagung tidak jauh naik turunnya, malah lebih banyak naik. Harga saat ini mencapai Rp. 4500/- per kilogramnya.

Bupati menyempatkan diri untuk memberikan penjelasan tentang pertanaman jagung yang baik dan benar. Jarak tanam jagung yang pas itu ke kanan 70 cm, ke kiri 70 cm, ke depan 25 cm dan ke belakang 25cm dan ditanam satu butir per lubang.

Bupati Humbang Hasundutan Dosmar Banjarnahor, SE

Pupuk organik menjadi pilihan untuk pertanaman jagung di Kabupaten Humbang Hasundutan, jangan mengandalkan pupuk kimia dan pestisida yang akhirnya akan mengurangi kualitas produksi jagung kita.

Kita perlu mencontoh Kabupaten lain yang sudah mampu mengekspor jagung sampai ke mancanegara.

Pada kesempatan itu Kajari Humbang Hasundutan, Martinus Hasibuan, SH menyampaikan terimakasih kepada Pemerintah dan secara khusus kepada Bupati Humbang Hasundutan yang memberikan peluang dan kesempatan dalam rangka ketahanan pangan pada situasi Pandemi Covid-19.

Program penanaman jagung ini harus kita dukung bersama-sama menjadi swasembada jagung dan kalau bisa menjadi suatu maskot unggulan di Kabupaten Humbahas yang tercinta ini. Oleh karena itu jangan tanggung-tanggung untuk mengurusnya karena tanah kita ini subur dan harus mengikuti SOP.

Sebagaimana kita ketahui bahwa pertanaman jagung di daerah ini masih tumpang sari. Seyogianya dalam satu tahun bisa bertanam jagung sampai 3 (tiga) kali, tetapi karena tumpang sari jadi 2 (dua) kali dan saat ini kita menanam jagung yang kedua kali untuk tahun ini.

BERITA TERKAIT :  Sekda Empat Lawang Mengajak Masyarakat Maupun Pemerintah Mencintai dan menampilkan Lagu Empat Lawang di Momen-Momen Seni dan Budaya

Pada intinya bahwa pertanaman jagung oleh masyarakat yang diperlukan saat ini adalah pendampingan. Apabila edukasi terus-menerus kepada masyarakat kita dan masyarakat mengedukasi teman yang lain maka kedepannya pertanaman jagung akan lebih baik.

Harga saat ini Rp. 4.500,- per kilogram dan kami bersama pemerintah daerah akan berusaha mencari pembeli yang lebih baik sehingga jaminan harga memberi motivasi dan pada akhirnya bermanfaat untuk kesejahteraan masyarakat.

Hadir dalam acara ini mewakili Kapolres Humbahas, Kasat Binmas AKP Daryanto, mewakili Danramil 05/Doloksanggul Serka JT. Purba, Kadis Pertanian Ir. Junter Marbun, MM, Kadis Kominfo Drs. Hotman Hutasoit, Camat Pollung Parman Lumbangaol, ST, Kepala Desa Sabar Banjarnahor, PPS dan PPL. ( DNM )

Sumber : Diskominfo Humbahas

Bagikan :

Related posts

Roby : Rencana Kerja Selaras Dengan Visi dan Misi Kepala Daerah

Daniel Manurung

Harga Padi Turun Menjelang Musim Panen, Petakan Sawah Petani Tergenang Air Disebabkan Tanggul Irigasi Di Dusun Rawa Indah Tidak Efektif

Daniel Manurung

Kapolda Lantik 631 Bintara Remaja di SPN Polda Jatim

Redaksi

Leave a Comment

error: Content is protected !!