Bupati Toba Ajak Jemaat Gereja Vaksinasi dan Terapkan Prokes Pencegahan Covid-19

Benhillpos.com | TOBA – Seiring meningkatnya Covid-19,Pemerintah Kabupaten Toba melalui unsur pimpinan dan tim jajarannya menyebar mengikuti kebaktian ibadah gereja pada hari Minggu (20/2/2022) di sejumlah gereja.

Sesudah tingting (pengumuman) dari pihak gereja,tim menyosialisasikan protokol kesehatan (Prokes) pencegahan Covid-19 kepada jemaat.

Bupati Toba Poltak Sitorus yang mengikuti ibadah di Gereja Huria Kristen Batak Protestan (HKBP) Aruan, Laguboti mengajak jemaat untuk melaksanakan vaksin.

Bupati Poltak Sitorus pun mengedukasi jemaat bahwa berdasarkan informasi dari petugas medis, belum ditemukan masyarakat yang meninggal karena divaksin, namun sudah ada ditemukan di tengah-tengah masyarakat pasien terpapar Covid-19 yang meninggal karena belum divaksin.

Ia juga berharap agar jemaat tidak takut untuk divaksin, apabila jemaat masih ragu untuk melaksanakan vaksinasi karena ada penyakit yang sedang diderita saat ini untuk segera konsultasi kepada petugas medis baik di fasilitas kesehatan terdekat, ataupun di lokasi vaksinasi.

Bupati Toba juga mengingatkan agar masyarakat Kabupaten Toba, khususnya Jemaat Gereja HKBP Aruan untuk tidak sepele dalam penggunaan masker.

Bupati berharap agar masyarakat tetap menggunakan masker dengan cara yang benar dalam setiap kegiatan sehari hari apalagi kegiatan yang dilakukan di luar ruangan.

Informasi dan imbauan kepada masyarakat juga disampaikan bahwa mulai tanggal 24 Februari 2022 larangan pelaksanaan pesta adat khususnya pesta pernikahan akan diberlakukan, serta akan dilakukan tindakan tegas bagi yang melanggar.

Karena dikhawatirkan keeratan hubungan kekeluargaan yang sangat dibanggakan masyarakat suku Batak, seperti dalam pelaksanaan pemberian ulos justru akan menjadi sarana penyebaran Covid-19 di lingkungan keluarga besar yang sedang melaksanakan pesta.

Bupati berharap jangan sampai pesta suka cita justru berubah menjadi duka karna anggota keluarga ada yang terpapar Covid-19.

BERITA TERKAIT :  Kapolres Toba Dan Wakil Bupati Toba Serahkan Bantuan Kepada Masyarakat Terdampak Gempa Di Taput

Mengakhiri edukasi yang diberikan kepada jemaat Gereja HKBP Aruan, Bupati Toba berharap agar jemaat tetap dalam keadaan sehat walafiat, tetap saling menjaga, dan dilindungi Tuhan Yang Maha Esa.

Turut mendampingi pihak Dinas Kesehatan Kabupaten Toba ikut melaksanakan sosialisasi pencegahan penyebaran Covid-19

Dinas Kesehatan Kabupaten Toba yang diwakili Kepala Bidang Pencegahan dan Pengendalian Penyakit Dinas Kesehatan Kabupaten Toba, Mangapul Pardede bersama Satpol PP Kabupaten Toba memberikan edukasi langsung penggunaan masker yang benar kepada jemaat yang akan memasuki gedung gereja serta membagikan hand sanitizer untuk digunakan.

Kegiatan yang sama juga dilakukan Wakil Bupati Toba Tonny M.Simanjuntak bersama sejumlah pejabat di Gereja HKBP Nommensen , Kecamatan Sigumpar. Di tempat ini , dirangkai dengan acara sosialisasi pembangunan Sopo Partukkoan Nommensen

Tim lainnya ,Satgas Covid-19 Kabupaten Toba Bidang Komunikasi dan Informasi Covid-19 juga melakukan sosialisasi dan edukasi di Gereja GKPI Resort Narumonda, Kecamatan Siantar Narumonda yang dihadiri oleh Plt. Kadis Kominfo Toba Sesmon TB Butarbutar, Camat Siantar Narumonda Evendi Marpaung, Kepala Bidang PIKP Rikardo Simamora,dan Kabid. TKSPBE Idris Bangun.

Diinformasikan kepada jemaat bahwa jumlah kasus aktif Covid-19 di Kabupaten Toba per Sabtu (19/2/2022) adalah sebanyak 312 pasien.

Hasil pantauan pelaksanaan ibadah dan sosialisasi prokes pencegahan Covid-19 berlangsung baik dengan menerapkan prokes.( DNM )

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

error: Content is protected !!