Bupati Toba Berharap Punguan Batak Muslim Toba Ikut Sukseskan Boat Race F1H2O

Benhillpos.com | TOBA – Bupati Toba yang diwakili Sekretaris Daerah Kabupaten Toba, Drs. Augus Sitorus menyampaikan pesan kepada pengurus yang baru dikukuhkan Punguan Batak Muslim Toba (PBMT) agar mendukung dengan sinergitas yang baik dalam berbangsa dan bernegara melalui penerapan akidah dan akhlak mulia para pengurusnya.

Hal ini disampaikan Sekda Augus saat menghadiri Peringatan Maulid Nabi Muhammad SAW 1444 H dan Pengukuhan pengurus PBMT di Komplek Tugu Pahlawan Revolusi D.I Panjaitan,Balige, Kabupaten Toba, Minggu, (30/10/2022).

Sebagai Batak Muslim Toba, Bupati Toba melalui Sekretaris Daerah Augus Sitorus juga mengharapkan agar kegiatan Boat Race F1H20 dapat kita sukseskan bersama , dengan menyambut kehadiran wisatawan pada kegiatan F1H20 pada tanggal 24 -26 Februari 2023.

Disebutkan kegiatan ini hendaknya didukung melalui sikap dan kepribadian Batak Naraja, yakni Marugamo (saling peduli) ,Maradat ( santun,ramah) Maruhum (mematuhi hukum) ,dan Marparbinotoan (berilmu pengetahuan).

Selain sikap Batak Naraja, diharapkan juga semua warga menjaga kebersihan lingkungan agar wisatawan merasa nyaman berada di daerah ini, nantinya.

“Mari kita jadikan rumah kita menjadi homestay yang layak huni, bersih dan menyediakan makanan halal dengan produk unggulannya seperti kopi, jagung, beras dan tenun yang merupakan produk UMKM masyarakat Toba, “kata Sekda Augus berharap.

Selanjutnya Kapolres Toba AKBP Taufik Hidayat Thayeb dalam kata sambutannya menyampaikan agar segenap PBMT menjadil Islam dan Muslim Batak yang bermanfaat bagi umat manusia. “Berikan dan hadirlah memberikan bantuan sosial yang tampil (terpanggil) untuk memberikan keamanan dan kenyamanan ditengah masyarakat,” kata Kapolres Taufiq.

“Saya tunggu, perhatikan dan kritik para pengurus yang baru dilantik untuk melakukan kegiatan yang nyata di tengah masyarakat, bukan hanya sekedar seremonial belaka yang dilakukan oleh pengurus yang baru dilantik,” sambungnya menyampaikan harapannya.

BERITA TERKAIT :  Sekjen DPP PAN: Deklarasi ANIES Hanyalah Sikap Pribadi, Bukan Atas Nama PAN

Sebelumnya Ketua Panitia Syawal Manurung dalam awal sambutannya menyampaikan bahwa pelaksanaan Peringatan Maulid Nabi Muhammad SAW dan Pengukuhan PBMI Kabupaten Toba dapat terlaksana atas dukungan penuh dari Pemerintah Kabupaten Toba yang dipimpin oleh Bupati Toba Ir .Poltak Sitorus.

“Kehadiran PBMI di Toba untuk mendukung visi dan misi Pemerintah Kab Toba menuju Toba Unggul dan Bersinar demi kesejahteraan masyarakat,”katanya l.

Tema kegiatan ini menurut Ketua Panitia Syawal Manurung adalah Iman Terjaga, Budaya Lestari yang bertujuan untuk melestarikan nilai-nilai budaya Batak dan tetap menjaga iman sesuai dengan kepercayaan terhadap Tuhan Yang Maha Esa.

Mewakili Dewan Pembina sekaligus Ketua MUI Kab Toba Drs. J. Samosir menyampaikan pesan agar melakukan 5 (lima) pondasi dalam menjalankan tugas sebagai Pengurus PBMT Indonesia, yakni yang pertama Pantun Hangoluan Tois Hamagoan, kedua Balittangma pagabe tumandangkon sitoadoan, ketiga Marsiamin-aminan songon lampak ni Gaol, keempat Tampakna do rantosna rim ni tahi do gogona, dan terakhir Manatap tujolo, manailihon tu pudi.

“Dan jangan lupa agar seluruh umat muslimin dan muslimat yang ada di Kabupaten Toba untuk mendukung dan mengambil peran dalam menyukseskan visi misi Pemerintah Kabupaten Toba “Toba Unggul dan Bersinar” untuk masyarakat sejahtera dan bahagia, ” katanya berharap sekaligus mengakhiri sambutannya.

Dewan Penasehat Punguan Batak Muslim Toba Drs. J. Samosir inilah yang mengukuhkan Pengurus PBMT Kabupaten Toba.

Adapun Pengurus PBMT yang dikukuhkan adalah sebagai Ketua Umum H. Imran Napitupulu, Sekretaris Jenderal Abdul Muis Sirait, Bendahara Umum M. Bakri Manurung, dan beberapa pengurus lainnya.

Ketua PBMT Kabupaten Toba,H. Imran Napitupulu menyampaikan terima kasih secara khusus kepada Pemerintah Kabupaten Toba yang diwakili Sekretaris Daerah Kab Toba Drs. Augus Sitorus atas dukungannya kepada Pungguan Batak Muslim Toba, sehingga acara ini dapat terlaksana dengan baik.

BERITA TERKAIT :  Lacak hingga ke Tenda dan Rumah Penduduk, Satgas Dukcapil Peduli Cianjur Terbitkan 133 Akta Kematian dan 531 Dokumen Kependudukan Lain

Sebelum acara berakhir Tuan Guru Batak ,Syakbhan Rajagukguk memberikan ceramah yang sengaja diundang panitia dari Kota Pematang Siantar untuk memberikan ceramah siraman rohani pada acara pengukuhan PBMI Toba..

Dalam ceramah Tuan Guru Batak Syakbhan Rajagukguk menyampaikan agar para pengurus yang baru dikukuhkan bersemangat melakukan tugas dan jangan lupa berbarokah.

Turut hadir dalam acara tersebut, Kepala Dinas PMDPPA Henry Silalahi, Plt. Kadis Kominfo Sesmon TB Butarbutar, Kadis Kesehatan Freddi S. Sibarani, Plt. Kadis Sosial Sudirman Sirait, Kadis Lindup Rajaipan Sinurat, Camat Balige Pantun J. Pardede, Kabag Pemerintahan Saut Sihombing, Perwakilan Dandim 0201 Letkol Inf. Agus, Dewan Penasehat PBMT Kol Sitanggang, Ketua MUI Kabupaten Toba J. Samosir, Ketua PCNU Jefri Habeahan, dan tamu undangan lainnya. ( Red )

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

error: Content is protected !!