Danlantamal IV Hadiri Penutupan Festival Zapin Penyengat

Tanjungpinang, Benhillpos.com – Komandan Pangkalan Utama TNI Angkatan Laut (Danlantamal) IV Laksamana Pertama TNI Dwika Tjahja Setiawan, S.H., M.H., M.Tr.Opsla. menghadiri acara penutupan Festival Zapin Penyengat tahun 2022 yang digelar di Balai Adat Indra Perkasa Pulau Penyengat, Sabtu (5/2/2022).

Pada acara penutupan tersebut, ditampilkan aksi para peserta yang berhasil masuk final Tiga besar untuk Empat kategori lomba, yaitu Tari Zapin Asli, Zapin Kreasi, Zapin Kreasi Garapan Baru dan Zapin Gending Jalesveva Jayamahe. Festival Zapin Penyengat ini memperebutkan piala bergilir dari Gubernur Provinsi Kepulauan Riau dan Komandan Lantamal IV Tanjungpinang.

Acara dimeriahkan juga dengan _Aster Dance_ yang ditampilkan oleh para Srikandi dari Korps Wanita Angkatan Laut (Kowal), penampilan Band Lantamal IV “Garda Band” dan tari kebanggaan TNI Angkatan Laut “Zapin Gending Jalesveva Jayamahe” yang merupakan kolaborasi gerak Zapin Melayu dengan lagu Gending Jawa, Jalesveva Jayamahe, dimana lirik lagunya diciptakan oleh Kepala Dinas Pembinaan Mental TNI Angkatan Laut (Kadisbintalal) Laksma TNI Drs. Ian Heriyawan dan dipopulerkan oleh Bapak Kepala Staf Angkatan Laut (Kasal) Laksamana TNI Yudi Margono.

Malam itu juga disampaikan pengumuman pemenang dan pembagian hadiah lomba tari zapin serta pengumuman pemenang lomba fotografi on the spot melalui akun instragam lantamal_iv. Adapun pemenang lomba sebagai berikut :
Katagori tingkat SD juara I SDN 004 Bukit Bestari, juara II SDN 002 Bukit Bestari dan juara III SDN 003 Bintan Timur.
Katagori SMP juara I SMPN 04 Tanjungpinang, juara II SMPN 11 Tanjungpinang dan juara III SMPN 09 Tanjungpinang.
Katagori Umum juara I Pusat Latihan Seni Sanggam, juara II Sanggar Bintan Telani dan juara III Sanggar Megat Syah Alam.
Katagori Zapin Jalesveva Jayamahe juara I Indera Perkasa, juara II Arek Famili dan juara III Dang Madu Umrah.
Sebagai juara umum dan berhak menerima piala bergilir Gubernur Provinsi Kepri dan Danlantamal IV jatuh kepada SMPN 04 Tanjungpinang. Piala bergilir dari Gubernur Provinsi Kepulauan Riau diserahkan kepada pemenang oleh Kadisbud Provinsi Kepri mewakili Gubernur, sedangkan Piala bergilir Komandan Lantamal IV Tanjungpinang diserahkan kepada pemenang secara langsung oleh Danlantamal IV sendiri.

BERITA TERKAIT :  Polsek Balige Patroli Pengecekan dan Kontrol Stock BBM di SPBU Pardede Dan SPBU Hutabarat

Acara diakhiri dengan pembacaan do’a dan foto bersama serta pesan dan kesan oleh Gubernur Kepri yang diwakili Kepala Dinas Kebudayaan Provinsi Kepri Dr. Drs. HM. Juramadi Esram, S.H.,M.T.,M.H., sekaligus menyampaikan pernyataan penutupan Festival Zapin Penyengat tahun 2022.

Dalam sambutan Gubernur Provinsi Kepri yang dibacakan oleh Kadisbud menyampaikan ucapan terimakasih dan memberikan apresiasi yang setinggi-tingginya kepada Lantamal IV Tanjungpinang dan Organisasi Pemuda Penyengat (OPP) dan seluruh peserta Festival Zapin Penyengat yg telah berpartisipasi sehingga Festival Zapin Penyengat tahun 2022 dapat terselenggara dengan sukses dan lancar. Meskipun dilaksanakan ditengah pandemi Covid-19 yang belum berakhir. Namun tidak mematahkan semangat kita, untuk menunjukkan penampilan dan karya terbaik yang pastinya tetap mematuhi protokol kesehatan.

Senada dengan hal tersebut juga disampaikan Danlantamal IV : “Budaya Zapin perlu dilestarikan dan Festival Zapin Penyengat akan dijadikan kegiatan tahunan Pemerintah Provinsi Kepri dan pastinya Lantamal IV ada di dalamnya. Semoga giat ini menjadi skala nasional dan tahun depan bisa lebih meriah lagi serta bisa go international,” pungkas Danlantamal IV mengakhiri wawancara dengan awak media.

Turut hadir memeriahkan acara penutupan Festival Zapin Penyengat Tahun 2022 antara lain Gubernur Provinsi Kepri diwakili Kadis Kebudayaan, Pangkogabwilhan I diwakili Aslog Kaskogabwilhan I, Kapolda Kepri diwakili Kapolres Tanjungpinang, Kajati Kepri diwakili Asbin, Danrem 033/WP diwakili Kasiter, Danguskamla diwakili Kasikomlek, Danlanud RHF diwakili Kasi BMP, Kabinda diwakili Korwil I Binda Kepri, Walikota TPI diwakili Kadisbudpar, Danlanudal TPI, Danwing Udara l diwakili Pasproga, Karumkital dr.Midiyato diwakili Letkol Laut (K) Edi Heriyana, Dandim 0315 TPI diwakili Pasiter, Ketua Jalasenastri Korcab IV Daerah Jalasenastri Armada I Ny. Anna Dwika beserta Pengurus Jalasenastri Korcab IV DJA I, Wadan Lantamal IV, Pejabat Utama, Kasatker dan Kasatlak Lantamal IV, Ketua OPP, Tokoh masyarakat, tokoh agama dan tokoh adat serta masyarakat Pulau Penyengat.

BERITA TERKAIT :  Kapolres Toba Pimpin Apel Dan Pantau Langsung Pengamanan Aksi Unras Damai

(Simon/Dispen)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

error: Content is protected !!