Dialog Interaktif Halo Polisi Membahas Tentang Operasi Keselamatan Toba 2024

Benhillpos.com | Medan – Dialog Interaktif Halo Polisi kali ini membahas tentang Operasi Keselamatan Toba 2024, Rabu, 13 Maret 2024 sekira pukul. 15.00 – 16.00 wib bertempat di studio 1 RRI Medan Jln. Gatot Subroto 214 Medan pada Channel 94.3 FM dan YouTube RRI Net.

Yang menjadi Narasumber adalah Direktur Lalu Lintas Polda Sumut yang di wakili oleh Kasubdit Kamsel AKBP Sah Udur Sitinjak, S.H., S.I.K., M.H di dampingi Baur Subbid Penmas Aiptu Widodo dan di pandu Presenter Asmarani Aidina

Dalam Mukadimahnya ketika Presenter bertanya kepada narasumber tentang apa itu operasi keselamatan Toba 2024, AKBP Sah Udur menjelaskan bahwa Operasi keselamatan Toba 2024 sudah di mulai hari ini untuk Polda Sumut ( 13 Maret 2024 ) Operasi keselamatan 2024 mengawali sebelum kita adakan operasi ketupat, dulu namanya operasi Simpatik, jadi mendahului sebelum operasi ketupat jadi lebih kepada Preemtif dan preventif, sedangkan operasi ketupatnya lebih kepada ke penindakan Hukum, jadi operasi Keselamatan ini Lebih kepada himbauan dan sosialisasi, jadi nanti di operasi ketupat arus mudik dan balik langsung kepada penindakan, kegiatan operasi keselamatan ini berlangsung selama 14 hari, sebenarnya dari tgl 02 Maret kemarin untuk Indonesia operasi keselamatan Toba sudah berlangsung namun karena kemarin kegiatan Polda Sumut ada kegiatan pengamanan F1H20 internasional di Toba Balige jadi mundur selama 1 Minggu.

Sah Udur menambahkan bahwa operasi keselamatan ini selama 14 hari lebih mengedepankan kepada Preemtif dan preventif. Seperti saat sekarang ini kita sudah sosialisasi lewat RRI Medan bahwa kita Polri Direktorat Lalu Lintas kita sedang mengadakan Operasi keselamatan.

Lanjut AKBP Sah Udur kegiatan ini di laksanakan di seluruh jajaran Polda Sumut ( Polres ), tadi kita di Polda melaksanakan Apel Operasi keselamatan bergabung dengan Polrestabes Medan dan untuk jajaran Polres juga melaksanakan Apel 0perasi keselamatan hari ini.

BACA JUGA :  Kapolres Toba Berbagi Kebahagiaan di Hari Kemenangan Idul Fitri Bersama Tahanan Mapolres

Presenter kembali bertanya tentang tindakan kepolisian dimana pada bulan Ramadhan ini adanya anak muda yang pulang Sholat Tawarih pada konvoi naik sp motor, melakukan Asmara subuh ataupun ngabuburit pada sore hari, di sini AKBP Sah Udur kembali menegaskan pihaknya mengawali dengan melakukan Himbauan kepada masyarakat, seperti di sore hari pada saat keluar buat beli bukaan untuk berbuka puasa, dalam 14 hari ini selama kita melaksanakan Operasi Keselamatan kita jalankan kita himbau mengingatkan kepada masyarakat, namun jika benar sangat mengkhawatirkan atau mengancam contoh ada anak remaja yang berboncengan naik sp. Motor lebih dari satu orang dan kebut – kebutan, tanpa pakai helm namun saat kita ingatkan tidak juga di indahkan maka kita berhak untuk melakukan penindakan dengan penilangan. Tegas AKBP Sah Udur.

Dalam hal ini AKBP Sah Udur mengemukakan dari arahan Kapolda Sumut bahwa ada 10 pelanggaran Prioritas yang menjadi sasaran dalam Operasi keselamatan ini diantaranya :
1. Melanggar Trafficligh ( Lampu merah )
2. Pengendara di bawah umur
3. Naik sp. Motor berboncengan lebih dari 1 orang
4. Menggunakan helm SNI
5. Berkendara Dalam pengaruh alkohol
6. Melawan Arus
7. Menggunakan Hp
8. Melanggar Marka jalan
9. Over Dimensi
10. Over Load

Operasi Keselamatan ini tambah AKBP Sah Udur sasarannya adalah kenderaan dan objek, setiap Polres itu harus punya target, baik orang, kenderaan atau tempat , sebelum di laksanakan operasi keselamatan ini kita dahulukan dengan kegiatan Lat pra Ops, sesudahnya kita jalankan kegiatan Operasi Keselamatan ini dan terakhir kita evaluasi apakah kegiatan ini targetnya tercapai tidak ( evaluasi ).

Pelanggaran yang sering terjadi di jalan adalah masyarakat pengguna sp. Motor tidak pakai helm, melawan Arus, pengendera kendaraan di bawah umur di karenakan tingkat laka lantas di dominasi oleh usia produktif di Sumatra Utara ini, padahal menurut AKBP Sah Udur pihaknya sudah sering melaksanakan sosialisasi kepada pelajar tingkat SMA untuk terus melaksanakan himbauan kepada para pelajar agar tetap menggunakan helm SNI untuk keselamatan dirinya sendiri., kedepan kami akan mengajak dan bekerjasama dengan komunitas pengendara roda dua untuk menjadi contoh bagi para pelajar agar bisa mencontoh mereka yang telah baik dalam berkendaraan dan lengkap baik kenderaan dan perorangannya.

BACA JUGA :  Hari Kedua Lebaran, Kapolres Toba Kunjungi Dan Cek Situasi Arus Lalin Di Pos Pengamanan dan Pos Yan 

Terakhir Presenter meminta statement dari Narsum dalam hal ini AKBP Sah Udur mengatakan kepada kaum remaja/Masyarakat kalian boleh gagah, kalian boleh berbangga tapi jika kalian tidak patuh pada peraturan namun kalian alami kecelakaan terus untuk apa?. gagah di jalanan tapi tidak baik, merugikan diri sendiri dan orang tua setidaknya kami akan terus melakukan Sosialisasi himbauan kepada masyarakat dan pelajar agar kita terhindar dari kecelakaan berlalu lintas.

Pada saat kita melaksanakan gelar pasukan tadi di mapolda Sumut Bapak Kapolda Sumut tadi menggunting Pita 3 balon berwarna Biru Putih yang berisi himbauan dan isinya ada 3 ekor sapi, jika warga masyarakat menemukan balon dengan Himbauan dari Direktorat Lalu lintas di situ tertera nomor hape yang bisa di hubungi maka anda beruntung bisa mendapatkan masing – masing 1 ekor sapi

Kami Kepolisian Daerah Sumatera Utara Direktorat Lalu Lintas Mengucapkan Selamat menjalankan Ibadah Puasa, silahkan menjalankan ibadah puasa dengan tetap menjaga keselamatan ketika menjadi pengendara di jalan, saling hormat menghormati antara satu dan yang lainnya agar tercipta Keamanan, keselamatan ketertiban dan kelancaran berlalu lintas, patuhi peraturan patuhi rambu-rambu lalu lintas pungkas Pamen berpangkat Melati dua di pundaknya ini. ( Red )

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

error: Content is protected !!
Verified by MonsterInsights