Gercep, Dua Hari Dilantik Dirjen Teguh Setyabudi Kunjungi Dinas Dukcapil Banyumas

Benhillpos.com | Purwokerto – Dirjen Dukcapil Teguh Setyabudi langsung tancap gas pol. Hanya berselang dua hari pasca dilantik, Dirjen Teguh Setyabudi langsung bergerak mengunjungi Dinas Dukcapil Kabupaten Banyumas, Jumat (17/3/2023), untuk meninjau dari dekat pelayanan kependudukan di tanah kelahirannya itu. Ini kunjungan dinas pertamanya sebagai Dirjen Dukcapil.

Dalam kunjungan kerjanya Dirjen Teguh didampingi oleh Sekretaris Dinas Pemberdayaan Masyarakat Desa Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Dispermadesdukcapil) Provinsi Jawa Tengah Nur Kholis, Kadis Dukcapil Banyumas Hirawan Danan Putra, dan Kadis Dukcapil Kabupaten Purbalingga M. Fathurahman.

Teguh sempat berbincang-bincang dengan pengunjung yang mengurus dokumen kependudukan di loket pelayanan. Pria kelahiran Purwokerto, 8 Maret 1967 ini mengapresiasi dengan baik kinerja serta inovasi yang sudah dilakukan Disdukcapil Banyumas. Apresiasi tersebut lantaran Disdukcapil Banyumas dinilainya mampu memenuhi target nasional untuk perekaman dan pencetakan KTP-el serta penerbitan Kartu Identitas Anak (KIA). Selain itu juga untuk pelayanan online yang sudah berjalan baik di Disdukcapil Banyumas.

“Kinerja Disdukcapil Kabupaten Banyumas sudah bagus, karena target nasional mampu dilampaui. Meskipun begitu, pelayanan harus terus ditingkatkan. Terlebih menjelang Pemilu 2024, Disdukcapil secara keseluruhan di semua wilayah, termasuk Banyumas, harus mampu menyajikan data yang valid,” kata Dirjen Dukcapil Teguh Setyabudi.

Pada kesempatan tersebut, Teguh juga meminta agar seluruh pegawai Disdukcapil untuk selalu menjaga kekompakan serta terus bersinergi dengan instansi terkait lainnya, guna memudahkan akses serta kepengurusan data kependudukan.

Teguh juga berpesan, agar Disdukcapil selalu memberikan pelayanan terbaik kepada masyarakat, dengan inovasi-inovasi yang sudah dikembangkan. Saat ini, target nasional adminduk untuk Kartu Keluarga (KK), KIA, KTP, akta kelahiran, akta kematian dan Surat Keterangan Pindah Warga Negara Indonesia (SKPWNI) sudah tercapai di Banyumas.

BERITA TERKAIT :  Sekjen Kemendagri Tekankan Urgensi Politik Desentralisasi dan Pelayanan Publik

Sebelumnya, Kadis Dukcapil Banyumas Hirawan Danan Putra memaparkan tentang capaian kinerja Disdukcapil sekaligus target kinerja di tahun mendatang serta berbagai kendala yang dialami dalam bekerja.

Dalam paparannya Hirawan menyampaikan, persentase kepemilikan KTP yang wajib terus mengalami peningkatan. Tahun 2020 misalnya dari 1.403.957 penduduk Kabupaten Banyumas yang wajib KTP, sebanyak 96,94 persen sudah memilikinya. Jumlah tersebut meningkat pada tahun 2012, dengan jumlah penduduk yang usia wajib KTP sebanyak 1.427.833 orang, sebanyak 97,02 persen sudah memiliki KTP. Terakhir tahun 2022, dari total jumlah penduduk wajib KTP 1.378.950 orang, sebanyak 99,40 persen sudah ber-KTP.

Terkait target nasional, Hirawan mengatakan, perekaman dan pencetakan KTP-el di Banyumas sudah mencapai 99,44persen dari total target 99,30 persen. Sedangkan untuk penerbitan KIA, dari target nasional 40 persen, saat ini Dindukcapil Banyumas sudah berhasil mencapai 55,22 persen.

“Untuk pembuatan KIA ini, kita sudah memiliki beberapa mitra, sehingga lebih memudahkan. Dan kami laporkan Bapak, sudah banyak OPD yang memanfaatkan data Disdukcapil, sehingga validitas data sangat kita jaga,” jelasnya.

Dalam kesempatan tersebut, Kadis Hirawan mengatakan di daerahnya belum memiliki mesin Anjungan Dukcapil Mandiri (ADM) dan secara terus terang meminta bantuan kepada Dirjen Teguh Setyabudi. Dirjen Dukcapil anyar ini langsung menyetujui dan meminta dicatat agar dalam kesempatan berikutnya dapat diberikan bantuan mesin ADM tersebut.

“Wong ketika jadi Penjabat Gubernur Kaltara saja saya menyerahkan bantuan ADM. Mosok di kampung halaman sendiri tidak,” kata Dirjen Teguh seraya menyampaikan tujuan kunjungannya selain untuk bersilaturahim, juga meminta aparatur Dukcapil dimana pun tak usah sungkan menghubunginya.

“Hape saya menyala terus, saya pun bukan orang yang terlalu protokoler.

BERITA TERKAIT :  Panglima TNI Hadiri Pelantikan Menko Polhukam dan Menteri ATR/BPN

Jadi mohon dukungan teman-teman semua agar Ditjen Dukcapil lebih maju lagi berkat kekompakan kita,” demikian Dirjen Dukcapil Teguh Setyabudi.

Di akhir kunjungannya Dinas Dukcapil Banyumas, Dirjen Teguh Setyabudi memberikan buah tangan berupa blanko KTP-el sebanyak 1 outer atau 2.000 keping yang langsung diterima dengan senang hati oleh Kadis Hirawan. ( Red )

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

error: Content is protected !!