GKPI Resort Siantar Narumonda Rayakan Paskah Jumat Agung Dengan Prosesi Jalan Salib Yesus

Benhillpos.com | TOBA –¬†Persatuan Muda/Mudi Gereja GKPI Resort Siantar Narumonda Kecamatan Siantar Narumonda Kabupaten Toba-Sumatera Utara rayakan hari raya Paskah (Jumat Agung) dengan pagelaran prosesi Jalanan Salib Yesus Kristus, Jumat, (15/04/2022)

Untuk memulainya, titik kumpul awal prosesi perjalanan Salib Yesus mengambil route perjalanan awal dari Simpang Lumban Nabolon Jln.K.R.T.Tarnama Sinambela Desa Narumonda IV Kecamatan Siantar Narumonda.

Sebelum adengan prosesi perjalanan salib Yesus dimulai, acara diawali dengan ibadah singkat yang dipimpin oleh Pendeta Resort GKPI Siantar Narumonda Pdt.Yoel Oppusunggu, S.Th didampingi guru jemaat St.Hotlen Marpaung dan beberapa penetua pengurus Gereja lainnya (para Sintua), untuk doa pembuka oleh Sekretaris Resort St.Jhonson Simanjuntak.

Pdt.Yoel dalam khotbah dan amanahnya menyampaikan, dalam keimanan Kristen penyaliban Yesus Kristus di kayu salib bukit Golgota adalah untuk membebaskan setiap orang/manusia yang percaya kepadanaya dari naungan kegelapan belenggu dosa.

Prosesi perjalanan salib yang kita gelar di perayaan paskah Jumat Agung tahun 2022 ini untuk membangunkan serta membangkitkan iman kepercayaan kita selaku umat kristiani atas pengorbanan Yesus Kristus menebus dan membebaskan kita umat manuasi yang percaya kepadaNya dari jeratan dan belenggu dosa.imbuhnya.

Pegelaran prosesi jalan salib Yesus Kristus di GKPI Siantar Narumonda didalam usia keberdiriannya 54 Tahun di tahun 2022 adalah yang pertama dalam sejarah keberdiriannya GKPI Narumonda, dimana saat ini telah menjadi sebuah Resort yang memimpin 6 Gereja bawahannya diantaranya GKPI Narumonda Kecamatan Siantar Narumonda, GKPI Ombur Kecamatan Silaen, GKPI Simanobak, Kecamatan Silaen, GKPI Siruar Kecamatan Parmaksian dan GKPI Ulu Bius Kecamatan Porsea.

Di pagelaran perjalan salib Yesus yang digelar mengambil route perjalanan melintasi 4 Desa se Kecamatan Siantar Narumonda di mulai dari Simpang Jln.KRT Tarnama Sinambela desa Narumonda IV (dekat Polres Toba) melintas di Jalan Simpang Salawar depan Gereja HKBP Hasundutan desa Narumonda IV terus ke Desa Narumonda III depan Gereja Katolik lanjut mengarah ke Desa Narumonda II Siajangan lanjut ke jalan Simpang SMP Negeri 1 Siantar Narumonda mengarah ke Jalan Depan Gereja HKBP Narumonda terus ke Simpang Empat Desa Narumonda 1 masuk ke Jalan KRT Tarnama Sinambela melawati depan Kantor Kecamatan Siantar Narumonda hingga akhir perjalanan salib Yesus Kristus di Komplek Gereja GKPI Narumonda Resosrt Siantar Narumonda sepanjang +_ 5 Km.

BERITA TERKAIT :  Danramil 17/Balige Pimpin Upacara Bendera Di SMAN 1 Balige, Ini Pesan Dan Himbauannya

Prosesi perjalan Salib Yesus yang melalui 4 Desa disaksikan setiap warga masing masing desa yang dilalui.tampak para warga menyaksikannya dari pintu dan jendela rumah hingga dari halaman rumah masing masing, bahkan para anak anak dan beberapa warga lainnya bersama dengan jemaat GKPI Resort Narumonda turut serta berjalan bersama mengikuti perjalan Salib Yesus.

Pantauan awak media di lapangan, selama perjalan salib Yesus tampak dari beberapa warga desa yang menyaksikan dan menghayati prosesi perjalanan salib Yesus sampai menitikkan air mata dan ada yang terisak isak melihat betapa beratnya beban penderitaan yang ditanggung Yesus menuju penyalipanNya ke bukit Golgota. dengan memanggul salibnya terus berjalan dan dipukuli terus dengan cambuk serta ditendang oleh tentara berikut diludahi oleh warga yang berteriak teriak untuk menyalibkannya.

Prosesi akhir jalan salib di komplek Gereja GKPI Narumonda setelah melalui perjalanan melintsi 4 Desa, dengan sangat hening semua jemaat menyaksikan akhir penyaliban Yesus Kristus oleh tentara Romawi bersama dengan Dua orang penjahat yang disalibkan bersama Yesus.

Selanjutnya usai dipakukan di kayu salib langsung di naikkan tegak berdiri sebagaimana Yesus di zamannya disalibkan sampai akhirnya Yesus Kristus menghembuskan nafas terakhirnya sebagai pertanda akhir penebusan dosa, yang akan bangkit kembali pada hari ke Tiga dan naik ke surga duduk di sebelah Kanan Allah Bapa dan kelak turun ke Dunia ini untuk menghakimi orang yang berslah dan berdosa sebagaimana yang telah di nubuatkan dalam Firman Allah.

Untuk pemeran Yesus Kristus dalam prosesi perjalan salib yang diatraksikan oleh Persatuan Muda/Mudi GKPI Resort Siantar Narumonda oleh Alfaro Toga Markus Marpaung (21) mahasiswa semester 6 Universitas HKBP Nomensen Medan Fakultas Hukum.

BERITA TERKAIT :  Polsek Laguboti Patroli Dan Sampaikan Himbauan Stop Karhutla

Dalam memerankan Yesus Kristus memikul salib hingga ke penyaliapn akhir Alfaro memerankannya dengan penuh khidmat membuat yang menyaksikan prosesi jalan salib Yesus menitikkan air mata.tiap pemeran berakting dengan serius melakukan aktingnya membuat prosesi benar benar khidmat menempuh perjalanan +_ 5 Km.

Untuk Hakim Agung diperankan oleh John Pagar M.T Marpaung siswa Kelas 3 SMP N.4 Laguboti, Raja Pilatus diperankan Styven Simanjuntak, untuk Prajurit diperankan Obeth Naibaho, Dedi Doloksaribu, Lukkas Sihombing dan Rivaldi Hutahaean.untuk Bunda Maria diperankan oleh Novelia br Lumbanbatu. sedangkan untuk pemeran pelaku kejahatan yang dihukum dan disalibkan di Kanan Yesus adalah Willyam Marpaung dan pelaku kejahatan di sebelah Kiri Yesus oleh Eli Sihombing.

Bertindak sebagai narator acara perjalanan salib Yesus Kristus Dina Kristy br Simangunsong dipimpin oleh Pendeta Resort GKPI Siantar Narumonda Pdt.Yoel Oppusunggu,S.Th didampingi sekretaris Resort Jhonson Simanjuntak dan guru jemaat GKPI Narumonda St.Hotlen Marpaung. ( DNM / Red )

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

error: Content is protected !!