OPINI  

Gubenur Jawa Timur Didorong Segera Keluarkan Pergub Tentang SMANOR

Gubenur Jawa Timur Didorong Segera Keluarkan Pergub tentang SMANOR

Jawa Timur – Wakil Ketua Komisi E DPRD Jawa Timur Ir. Artono berharap kepada Gubenur Khofifah Indar Parawansa untuk segera mengeluarkan Peraturan Gubenur (Pergub) tentang SMANOR (SMA Negeri Olahraga). Yang mana SMANOR ini merupakan sekolah yang fungsinya untuk membina atlet-atlet olahraga yg ada di jawa timur ini. Namun bagaimana bisa SMANOR akan berjalan baik sedangkan tidak ada anggaran dana yg cukup.

Pada tahun 2017 silam terjadi perubahan regulasi, dimana pada saat itu SMANOR yang berstatus UPT (Unit Pelayanan Teknis) kini berakhir dibawah naungan provinsi. Dampak yg terjadi akibat perubahan ini, SMANOR kini statusnya sama dengan SMA lainnya dan anggaran dananya pun juga sama dengan sekolah SMA lainnya. Hal tersebut akan sangat berpengaruh terhadap kualitas yg dimiliki SMANOR.

Saya sendiri sebagai siswa alumni dari SMANOR tahun 2020 merasakan bagaimana kurangnya fasilitas yg dimiliki SMANOR. Hampir setiap tahun pembagian/jatah seperti perlengkapan mandi, seragam sekolah, sepatu sekolah dan lainnya mengalami penurunan, kualitas yg diberikan juga bisa terbilang kurang baik. Berbeda dengan kakak tingkat saya yg dulu bersekolah di SMANOR yang masih berstatus UPT. Pada masa itu setiap bulannya di sediakan uang saku untuk setiap siswa dan pembagian/jatah kualitasnya sangat baik.

Dari pembagian tersebut sudah terlihat jelas perbedaan yang dimiliki SMANOR sebelum dan sesudah berada pada naungan provinsi. Anggaran yang disamakan dengan SMA pada umumnya tentu tidak sesuai dengan tujuan awal berdirinya SMANOR yg menciptakan atlet-atlet yang berprestasi di Jawa Timur.

Wakil Ketua Komisi E DPRD Jawa Timur Ir. Artono mengatakan “Meminta agar keberadaan SMANOR dibedakan dengan SMA pada umumnya yang di kelola oleh pemprov. Seperti di jakarta SMA Ragunan yg dibuat oleh Pemprov DKI khusus untuk olahraganya.” Ujarnya

BERITA TERKAIT :  Persaja Sumut Laporkan Alvin Lim ke Poldasu, Pemerhati Pembangunan Toba Dukung Kejaksaan

Untuk mengembalikan SMANOR menjadi UPT (Unit Pelayanan Teknis) memerlukan Pergub dari Gubernur Khofifah Indar Parawansa agar SMANOR bisa berjalan mandiri,tidak dibwah bayang-bayang SMA umum.

Saat ini didapati banyak alat-alat untuk pembelajaran siswa rusak, serta perlu dilakukan pengadaan peralatan yang baru. “SMANOR telah menciptakan banyak atlet-atlet juara nasional. Sangat ironis sekali atletnya banyak meraih medali juara dari tingkatan nasional hingga dunia, namun fasilitas di SMANOR sangat memprihatinkan.” Tutur Bapak Artono.

Dalam kunjungannya ke SMANOR Ketua Komisi E DPRD Jawa Timur Ir. Artono ditemani anggota lainnya langsung bertemu dengan Kepala Sekolah SMANOR. Kepala sekolah SMANOR Bapak Suswanto menyampaikan bahwa Sekolah SMANOR “Telah berhasil mencetak atlet juara dunia dan juga sudah bisa menyumbangkan atlet untuk bergabung dengan Pemusatan Latihan Daerah (Puslatda) dan juga Pemusatan Latihan Nasional (Pelatnas). Bukan hanya itu, saat ini SMANOR mengembangkan pola latihan berbasis sport science yang bertujuan untuk mengembangkan kemampuan dan juga meningkatkan prestasi siswa, selain itu juga menghindarkan siswa dari cedera karena pola latihan yang salah.” Tutur Bapak Suswanto saat itu

Hasil dari pola latihan sport science ini sudah ada 59 siswa-siswi smanor yang masuk Puslatda dan ada juga alumni yang berhasil meraih juara di level internasional. (Red)

http://kominfo.jatimprov.go.id/read/umum/komisi-e-dprd-jatim-berharap-gubenur-keluarkan-pergub-tentang-smanor/

Rifda Alia Fadila
202020100014
Universitas Muhammadiyah Sidoarjo

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

error: Content is protected !!