Gubernur Sumut Ingatkan Keramahtamahan Warga Menyambut Wisatawan

Benhillpos.com | TOBA – Gubernur Sumatra Utara, Edy Rahmayadi kembali menginstruksikan kesiapan semua pihak menjelang perhelatan F1 Powerboat Championship (F1H2O) 2023. Dimulai pengawalan puluhan truk kontainer peralatan tim hingga kesiapan lokasi dan keramahtamahan warga setempat menyambut wisatawan.

Hal ini terungkap dalam rapat yang dipimpin oleh Gubernur Edy Rahmayadi dari Medan dan diikuti Bupati Toba,Poltak Sitorus secara daring di Mess Pemprov Sumut di Balige, Kabupaten Toba, Provinsi Sumut, Kamis (19/1/2023).

Gubsu, Edy didampingi Kapoldasu,Irjen. Pol. R.Z.Panca Putra Simanjuntak dan Pangdam I/BB,Mayjen TNI Achmad Daniel Chardin mengatakan keseriusan dalam persiapan perhelatan bertaraf internasional yang akan diselenggarakan di Teluk Balige ,Danau Toba pada 24-26 Februari 2023.

Hal lainnya dibahas adalah persiapan lokasi,PLN dan Rumah Sakit.Kemudian persiapan armada Helikopter , persiapan personil Polri dan TNI. Bahkan Gubernur Edy juga mengingatkan akan pentingnya keramahtamahan warga dalam menyambut wisatawan.

Gubsu juga mengingatkan akan adanya Renpam (rencana pengamanan), Ren Ops (rencana operasional), Ren Min (rencana administrasi),dan penyediaan sarana komunikasi radio HT (handy talkie).

” Seusai ini akan dilakukan rapat lanjutan hal teknis Gubernur,Kapolda dan Pangdam ,” katanya.

Kapolda Sumut,Panca dalam rapat ini juga memaparkan kesiapan pengamanan kegiatan dengan nama sandi Ops Hopal Toba -2023 yang berlangsung selama.11 hari dari 19 Feb-1 Maret 2023.
Ia juga mengatakan Polri telah hadir sejak tanggal 16 Januari 2023 dalam membantu secara bergotong royong bersama TNI dan Pemkab Toba untuk meningkatkan kebersihan kota Balige dan mengecat tembok depan Balerong Balige.
” Pada tanggal 8 atau 9 Februari ,asesmen Baharkam Mabes Polri dan in journey akan dilakukan sesudah venue siap. Akan ada masukan untuk disetujui pelaksanaan F1H2O,”kata Kapoldasu Panca.
Hal lainnya dipaparkan adanya command center di Mess Pemprovsu di Balige, adanya 25 titik cctv di venue (lokasi) dan sekitarnya,rekayasa lalu lintas agar dilakukan diuji coba, persiapan parkir ,tempat penonton parkir dan lainnya.

BERITA TERKAIT :  Webinar Kemendagri: Netralitas Penyelenggara Negara dalam Pemilu Harus Terus Dijaga

Pihak TNI melalui Pangdam Daniel mengatakan kesiapan Kodam I/BB dengan penyiapan pasukan 7.500 personel siap operasi,termasuk apabila Presiden RI akan hadir nantinya.

“Intinya kita siap dengan pengamanan sesuai perencanaan kegiatan,”kata Pangdam Daniel.

Selanjutnya Asisten Deputi pengembangan wisata berkelanjutan Kemenko Marves, Kosmas Harefa yang sedang berada di Balige juga menerangkan akan rencana lokasi ditargetkan akan selesai pada 10 Februari 2023. Panitia, katanya mempersiapkan 2100 tempat utama penonton dan akan melihat lokasi lain yang nyaman bagi penonton lainnya di sekitar teluk Balige sekaligus menjadi peluang ekonomi bagi masyarakat setempat.Lalu ada juga side event dari Pemrovsu di Lumban Bulbul dan Soposurung.

Pada kesempatan ini Bupati Toba , Poltak Sitorus kembali memohon dukungan bantuan Gubernur akan tong sampah ,mobil pembersih jalan, dan bus pengangkut penonton dari tempat parkir ke lokasi F1H20.

Turut hadir mendampingi bupati, Wakil Bupati Toba, Tonny M.Simanjuntak, Kapolres Toba AKBP Taufiq Hidayat Thayeb, Staf Ahli Darwin Sianipar, pimpinan OPD terkait,dan sejumlah perwira dari Mapolda Sumut. ( DNM / Red )

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

error: Content is protected !!