Hadiri SAC Jokowi Puji Luhut

Benhill Pos | Jakarta – Presiden Joko Widodo atau Jokowi Jumat sore (13/01/23) menyaksikan babak final kejuaraan atletik pelajar atau Student Athletics Championships (SAC) Indonesia di Stadion Madya, Senayan, Jakarta.

Dalam kesempatan tersebut, Jokowi memuji Menteri Koordinator Kemaritiman dan Investasi Luhut Binsar Panjaitan, anak buahnya yang kini memegang jabatan sebagai Ketua Pengurus Besar Persatuan Atletik Seluruh Indonesia atau PB PASI 2021-2025.

“Ini saya sangat senang sekali apa yang dilakukan oleh PASI, pembinaan dari bawah, dari sekolah-sekolah, dari madrasah-madrasah,” kata Jokowi di lokasi, Jumat, 13 Januari 2022.

Karena, kata Jokowi, kompetisinya berada di daerah-daerah. Sehingga dari situ, kepala negara meyakini nanti penjaringan bibit-bibit akan kelihatan. “Banyuwangi, Jatim, Sumatera, tinggal ngambil,” kata dia.

Akan lebih bagus lagi, kata Jokowi, bila para pelajar ini dibina di PASI. Jokowi menyebut upaya ini sangat mendasar, karena atletik adalah ibunya olahraga. “Sepak bola tanpa sebuah speed kekuatan lari, kalah, futsal juga perlu atletik, lompat jauh perlu atletik. semua basic-nya ada di sini,” kata dia.

Sebelum menyaksikan kejuaraan atletik, Jokowi menyaksikan topping off Indoor Multifunction Stadium di kawasan Kompleks Gelora Bung Karno (GBK), Jakarta, yang menjadi salah satu arena tertutup multifungsi paling besar di Indonesia. Fasilitas ini menghabiskan dana hingga Rp 639 miliar dengan luas 50.300 meter persegi.

“Kami akan terus membangun Jakarta dan melengkapinya, agar Jakarta memiliki fasilitas-fasilitas yang setara kota lain di dunia,” kata Jokowi di lokasi yang tak jauh dari Stadion Madya.

Kapasitas stadium ini mencapai 16.250 penonton dan bisa befungsi untuk berbagai kegiatan. Baik untuk event olahraga seperti basket, badminton, futsal, volly, dan juga untuk festival budaya, seni pertunjukan, dan konser musik. Stadium ini sudah dibangun sejak 2021 dengan luas 50.300 meter persegi.

BERITA TERKAIT :  Cegah Pelanggaran di Daerah, Mendagri Tekankan APIP Perkuat Pengawasan

Jokowi hadir di lokasi bersama Menteri BUMN Erick Thohir, Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat Basuki Hadimuljono, dan Penjabat Gubernur DKI Jakarta Heru Budi Hartono.

Erick menyebut stadium ini memiliki fasilitas kursi tamu VIP dan bisa digunakan untuk festival-festival budaya atau musik. Stadium ini mulai dibangun oleh PUPR sejak April 2021 dan akan selesai Juni 2023.

Ia juga menyampaikan ke Jokowi bahwa stadium ini dibangun dengan konsep green building dan akan digunakan sebagai lokasi kejuaraan dunia Basket. “Tuan rumah pertama kalinya,”ucap Erick.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

error: Content is protected !!