Kapolda Sumatera Utara Lakukan Release Akhir Tahun

Benhillpos.com | Medan. Kepala Kepolisian Daerah Sumatera Utara Irjen Pol Drs R.Z Panca Putra S., M.Si menyampaikan Release Akhir Tahun di hadapan awak media, bertempat di aula Tribrata Polda Sumut, Jumat 30 Desember 2022.

Pembukaan di awali sambutan oleh Kabid Humas Polda Sumut Kombes Hadi Wahyudi S.H, S.I.K, dalam sambutannya Kabid Humas mengatakan selamat datang kepada para awak media selaku Mitra Strategis Polri dalam menjalankan tugas serta mengapreasiasi awak media yang telah berkontribusi dalam hal pemberitaan kegiatan Polda Sumut.

Selanjutnya Kapolda Sumut yang di dampingi Wakapoldasu, Irwasda dan para PJU mengatakan bahwa Polda Sumut mulai memasuki Januari tahun 2022 tetap berfokus dan komitmen kepada penanggulangan Pandemi Covid 19 guna meminimalisir perkembangan Virus Covid 19, dimana vaksinasi kepada masyarakat terus di lakukan, baik vaksinasi tahap pertama, kedua dan vaksinasi Booster serta Penguatan. Kegiatan ini di lakukan di seluruh wilayah hukum Polda Sumatera Utara bekerja sama dengan seluruh stakeholder yang ada. Begitu juga kegiatan himbauan kepada masyarakat untuk tetap patuhi protokol kesehatan, memakai masker, mencuci tangan, menjaga jarak, mengurangi Mobilitas dan menghindari kerumunan tetap di jalankan.

Selama Tahun 2022 Tindak Pidana Kejahatan mengalami Penurunan 1.626 atau 9 % di banding tahun 2021, dari pengungkapan kasus menonjol tersebut, Polda sumut berhasil menangkap 2.490 tersangka dan dari jumlah tersebut 78 tersangka terpaksa di lumpuhkan dan 2 diantaranya tewas di tembak karena melawan petugas. Adapun kasus yang terbanyak di tahun 2022 yaitu : Tindak Pidana Narkotika : 4.644 kasus, Curanmor : 3.827 kasus, Curat : 3.372 kasus, Anirat : 3.357 kasus, Peras Ancam : 2.332 kasus, Curas : 592 Kasus dan Perjudian : 477 kasus. Mengawal di sektor pembangunan guna memajukan Provinsi Sumatera Utara andil Polda Sumut cukup besar, pembangunan koridor jalan tol binjai langkat, Tebing indrapura, tebing Simalungun terus di genjot dan di kawal guna memaksimalkan jalur darat yang lebih cepat distribusi barang dan angkutan antar daerah.

BERITA TERKAIT :  Jum’at Barokah, Polres Nias Kembali Santuni Warga Kurang Mampu Dan Gelar Bakti Sosial di Masjid Istiqomah

Di tahun 2022 kepolisian Negara Republik Indonesia juga melaksanakan 3 Operasi Kepolisian terpusat yaitu Operasi Ketupat, Operasi Lilin dan Operasi Aman Nusa II ( Covid – 19 dan PMK ) dan 10 Operasi di kewilayahan yaitu Ops Antik, Pekat, Keselamatan, Patuh, Sikat, Kancil, Bina Karuna, Bina Kusuma, Bina Waspada dan Zebra. Kasus perjudian Online dan kasus konvensional yang melibatkan oknum di dalamnya tidak ada toleransi semua di tindak lanjuti. Begitu juga dengan pelaku premanisme yang meresahkan masyarakat juga menjadi atensi Polda Sumut, di mana pelaku premanisme yang berhasil diamankan mencapai 1.535 orang dimana 1.250 orang berhasil di bina dan 285 orang di lanjutkan ke tingkat penyidikan.

Terhadap Kasus perlindungan perempuan dan anak di mana ada yang merupakan kasus atensi dari masyarakat yaitu : Kekerasan terhadap anak yang terjadi pada anak An. Al. Faqih dari Tanah Karo, Pembunuhan Istri oleh suami yang terjadi di Humbahas, Pembunuhan dan pemerkosaan terhadap siswi SMP di Pangkalan Brandan langkat, Kasus pembunuhan motif Menghipnotis terhadap Ibu Romaida Simpan di kabupaten Tapsel, dan kasus pembunuhan Siswa pelajar SMK di Medan tak luput dari penanganan Polda Sumut. Polda sumut berkomitmen memberikan perlindungan Hukum yang terbaik untuk masyarakat.

Beberapa waktu lalu kita mendapat musibah di mana terjadi virus yang menyerang peternak Hewan ternak jenis sapi yaitu penyakit Kuku dan Mulut. Polda Sumut bekerja sama dengan dinas terkait melakukan vaksinasi terhadap hewan milik peternak di wilayah Sumatera Utara.

Dan guna memaksimalkan pelayanan kepolisian terhadap masyarakat Polda sumut juga melakukan terobosan kreatif yaitu melakukan strong point dengan menempatkan personil di beberapa titik di ruas jalan yang merupakan jalur macet dan memang di perlukan kehadiran personil polri, baik pagi dan sore hari. Melaksanakan safari ibadah baik ke rumah ibadah dan memberikan bantuan ke rumah panti sosial yatim piatu, menindak lanjuti komplain masyarakat dengan terobosan Restoratif Justice, Sambang Nusa, melakukan Survei atas kepuasan masyarakat terhadap kinerja dan pelayanan Polri, Melakukan dialog interaktif Polri melalui RRI guna mengetahui apa saja kinerja polri terobosan dan lainya Masyarakat bisa langsung bertanya kepada nara sumbernya.

BERITA TERKAIT :  Tuntaskan Kasus Judi dan TPPU Apin BK, Kapolda Sumut Tegaskan Tidak Terlibat Konsorsium 303

Semua capain yang di sudah di lakukan Polda Sumut kurun waktu 2021 – 2022 merupakan kerja keras dari personil dan di dukung oleh masyarakat sehingga Polri tetap berjalan sesuai dengan harapan masyarakat. Tutup kapolda. ( DNM / Red )

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

error: Content is protected !!