Kemendagri Gelar Forum Persaudaraan Masyarakat Melanesia Indonesia

Benhillpos.com | MALANG – Direktorat Kewaspadaan Nasional, Direktorat Jenderal Politik dan PUM Kementerian Dalam Negeri menyelenggarakan Forum Persaudaraan Masyarakat Melanesia Indonesia dan Peningkatan SDM bertempat di The Grand Palace Hotel Malang, Selasa 22 Februari 2022.

Acara ini dibuka oleh Plt. Direktur Kewaspadaan Nasional, Sri Handoko menyampaikan dalam rangka mengantisipasi kemungkinan timbulnya ancaman disintegrasi dan keutuhan NKRI, maka Pemerintah melakukan pembinaan kerukunan, melestarikan serta mengembangkan nilai-nilai sosial dan budaya, dan kerjasama masyarakat Melanesia di Provinsi Papua, Papua Barat, Maluku, Maluku Utara dan Nusa Tenggara Timur sebagai langkah nyata untuk memperkuat dan mempererat rasa perasudaraan sesama masyarakat Melanesia sebagai bagian yang tidak terpisahkan dari bangsa Indonesia.

“Tugas kita bersama untuk mengembangkan keharmonisan, saling pengertian, saling menghormati, dan memupuk saling percaya di antara anggota masyarakat Melanesia dan berbagai ras, suku, dan etnis lainya, sehingga dapat mendorong peningkatan kehidupan ekonomi, sosial, dan budaya masyarakat Melanesia di Provinsi Papua, Papua Barat, Maluku, Maluku Utara, dan Nusa Tenggara Timur.” tandas Sri Handoko.

Lebih lanjut, Sri Handoko menuturkan dalam Peraturan Mendagri No. 39 Tahun 2016 dijelaskan bahwa penyelenggaraan Persaudaraan Masyarakat Melanesia Indonesia yang merupakan proses pelaksanaan kegiatan integrasi anggota masyarakat melanisia di Provinsi Papua, Papua Barat, Maluku, Maluku Utara dan NTT namun tetap menghormati perbedaan berbagai RAS, Suku, dan Etnis lainnya melalui interaksi sosial dalam bidang Bahasa, adat istiadat, seni budaya, pendidikan, perekonomian untuk mewujudkan kebangsaan Indonesia tanpa harus menghilangkan identitas RAS, Suku, dan Etnis masing-masing dalam rangka NKRI.

Dengan demikian, Keberadaan Forum Persaudaraan Masyarakat Milanesia Indonesia (FPMMI) ini sangat startegis sebagai wadah informasi komunikasi, konsultasi dan Kerjasama antara Pemerintah dan Pemerintah Daerah dan melibatkan warga masyarakat termasuk Melanesia dalam rangka mengembangkan kehidupan ekonomi sosial budaya di 5 Provinsi dimaksud. ( Red )

BERITA TERKAIT :  Percepat Dan Permudah Pelaporan SPM Di Daerah, Kemendagri Sediakan Web Sistem Pelaporan SPM Berbasis Informasi

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

error: Content is protected !!