Koramil, Polres Toba Dan Muspika Tiga Pilar Amankan Aksi Unras Damai Di Kantor Bupati

Benhillpos.com | Balige – Sebagai unsur pelaksana Koramil yang bertugas melaksanakan Pembinaan Teritorial (Binter) di wilayahnya, Babinsa juga kerap terlibat kegiatan pengamanan dan penyelesaian permasalahan terkait sosial kemasyarakatan.

Seperti yang dilakukan Babinsa Koramil 17/Balige Sertu HJ Tambunan bersama Serda Royes Kana, Serda Jupiandi Zega membantu pengamanan kegiatan Aksi Unjuk Rasa (Unras) Damai oleh Aliansi Gerak (Gerakan Rakyat) Tutup TPL yang berjumlah kurang lebih 250 orang

Kegiatan aksi oleh Aliansi Gerak (Gerakan Rakyat) Tutup TPL ini di gelar di Kantor Bupati Toba, Jl. Sutomo No 1, Balige Kabupaten Toba, Provinsi Sumatera Utara, Jumat (15/01/2022).

Penyampaian aspirasi yang dilakukan oleh aliansi Gerak Tutup TPL ini menuntut sebagai berikut :
a. Agar pemerintah Kabupaten Toba mencabut Izin konsesi PT. TPL dan menutup PT. TPL secepatnya.

b. Menutup PT. TPL adalah adalah langkah terbaik untuk mensejahterakan bangsa batak di wilayah Kabupaten Toba Danau Toba indah tanpa TPL.

c. Menuntut pertanggung jawaban Sekda Kabupaten Toba Drs. Audi Murphy Sitorus M.Si terakit pernyataannya pada tanggal 9 Januari 2022 sebagai berikut ”bahwa lahan di tujuh lokasi yang diklaim sebagai Tanah adat di Kabupaten Toba tidak memenuhi syarat menjadi kawasan adat. Alasannya, berdasarkan verifikasi dan identifikasi, lahan yang selama ini diklaim milik masyarakat adat merupakan tanah negara. Disebut-sebut, lahan di tujuh lokasi ini akan dirampas oleh negara. Bahkan, Audi mengatakan bahwa mereka akan menyerahkan tanah yang diklaim milik masyarakat adat itu pada PT Toba Pulp Lestari (TPL). Tanah itu tanah negara.

Tanah negara diberikan untuk diusahai oleh PT TPL. Artinya, rumah orang, kita sewa, begitu,” katanya, Minggu (9/1/2021). Audi mengatakan, kalaupun nantinya tanah yang diklaim sebagai milik masyarakat adat itu hendak disahkan, maka tergantung keputusan dari Bupati Toba”.

BERITA TERKAIT :  Polsek Balige Kembali Lakukan Patroli dan Monitoring Ke 2 SPBU

d. Desak Bupati Kabupaten Toba agar mencopot Drs. Audi Murphy Sitorus, M.Si dari jabatan Sekda Pemeritah Kabupaten Toba.

e. Mendesak Bupati Toba agar menandatangani rekomendasi pengajuan SK hutan adat kepada Presiden RI.

Sertu HJ Tambunan saat di konfirmasi Benhillpos.com mengatakan, salah satu Babinsa Koramil 17/Balige yang terlibat pengamanan tersebut menuturkan, keberadaan kami di sini selain membantu dalam pelaksanaan pengamanan juga untuk memantau jalannya kegiatan aksi ini.

“Sudah kewajiban kami selaku aparat teritorial untuk berada dan turut mengamankan kegiatan unjuk rasa ini, agar harapannya kegiatan berjalan tertib, aman, dan lancar, tanpa ada kejadian anarkis sekecil apapun,” ucap Sertu HJ Tambunan

Kegiatan aksi unjuk rasa damai tersebut berjalan dengan tertib, aman, dan lancar yang melibatkan pengamanan dari unsur
Personil Polres Toba yang di pimpin oleh Wakapolres Toba AKBP Janner Panjaitan, Kabag Ops Polres Toba Kompol Jhony Siregar SH, Kasat Intelkam Polres Toba Drs Antoni Raja Gukguk MH, Kasat Shabara Polres Toba AKP Dimun Hutauruk, Tito Siahaan (Asisten I), Sahat Manullang (Asisten II), Parulian Siregar (Asisten III), Lalo Simanjuntak ( Kadis Kominfo), Tua Pangaribuan (Kadis Perindagkop), Mintar Manurung (Kadis LHK), Henry Silalahi ( Kadis PMD), Sesmon Butar2 (Kabag Pembangunan), Anthony Sianipar (Kabag Pertanahan), Lukman Siagian (Kabag Hukum), Robinson Siagian (Kabag Humas) serta Broztito Sianipar (Kasatpol PP). ( DNM / RED )

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

error: Content is protected !!