Kunjungan Perdana ke Janji Maria, Bupati Toba Beri Hadiah Ini Untuk Warga

Benhillpos.com | BORBOR – Bupati Toba, Ir Poltak Sitorus didampingi Sekretaris Daerah, Augus Sitorus bersama sejumlah pimpinan OPD melakukan kunjungan perdana ke Desa Janji Maria, Kecamatan Borbor Kabupaten Toba Provinsi Sumatera Utara dalam rangka buka puasa bersama umat muslim di desa itu, Senin (1/4/2024).

Setibanya di desa itu, Poltak Sitorus langsung menyampaikan kekagumannya terhadap hasil pertanian di desa itu.

“Baru kali ini saya ke sini, ternyata lahan pertanian di sini sangat luas. Saya lihat kiri kanan banyak jeruk, tadi begitu masuk ke sini saya lihat ada yang sedang panen jeruk, langsung saya beli. Rasanya enak sekali, manis sekali,” katanya memulai sambutan di hadapan puluhan umat muslim di Masjid Al-Ikhlas, Desa Janji Maria , Kecamatan Borbor.

Selain mengagumi hasil pertanian, Poltak Sitorus juga mengagumi toleransi di desa itu. Terlebih terdapat banyak penduduk transmigrasi di desa itu yang berasal dari berbagai daerah, termasuk Aceh, Palembang, Kisaran bahkan dari Cimahi, Jawa Barat.

“Kalau dalam Batak, keberagaman itu adalah keindahan,” katanya.

Dirinya juga menceritakan bagaimana toleransi yang sangat indah di desanya di Kecamatan Silaen.

“Di kampung kami kalau ada pesta, di Silaen, dulu hanya ada satu muslim, kalau kami pesta kami tidak akan potong kerbau kalau dia enggak datang. Harus dia yang potong. Jadi kita selalu harmonis. Kalau tahun baru, kami selalu antar kue ke mereka,” katanya.

Menurutnya, keindahan keberagaman itu harus tetap dijaga dan dirawat. Setiap warga harus saling membantu tanpa harus melihat suku dan agama.

“Itulah keindahan di daerah kita, itu harus dipertahankan. Kita saling bantu, karena saling bantu itu bisa bikin panjang umur,” pesannya.
“Sekali lagi selamat menunaikan ibadah puasa. Semoga keinginan hati bapak-ibu dikabulkan oleh Tuhan dalam setiap doa yang bapak-ibu panjatkan,” ujarnya mengakhiri sambutannya.

BACA JUGA :  Aksi Cepat Tanggap, Polri-TNI Bersama Masyarakat Gotong Royong Memperbaiki Dan Menimbun Jalan Umum Desa Situatua Sigumpar Akibat Longsor

Usai menyampaikan sambutan, acara kemudian dilanjutkan dengan memberikan hadiah kepada anak-anak berprestasi dan fakir miskin. Tidak hanya itu, Bupati Toba juga memberikan buah tangan berupa sarung kepada setiap jamaah masjid.

Sebelum meninggalkan lokasi, Poltak Sitorus bertanya kepada warga soal bantuan yang mereka butuhkan yang dapat segera diwujudkan oleh pemerintah. Saat itu kepala desa langsung menyampaikan bahwa saat ini desa mereka sangat membutuhkan Bidan Desa (Bindes) yang tinggal di desa itu agar akses masyarakat terhadap kesehatan menjadi lebih mudah.

“Memang ada Bindes yang ditempatkan di sini, Pak, tapi datang hanya sekali sebulan. Jadi kami sangat berharap ada Bidan Desa yang tinggal di sini. Kami juga berharap agar nanti alat berat bisa ditempatkan di sini minimal 10 hari, kalau bisa 20 hari untuk menuntaskan jalan dari sini ke Borbor,” kata Kepala Desa Janji Maria , Susanto Simanjuntak.

Permintaan itu langsung disanggupi oleh Bupati Poltak Sitorus dan memerintahkan Kadis Kesehatan serta Kadis PUTR yang saat itu juga turut serta.

“Pak Kadis, nanti Bindes itu tempatkan di sini,” katanya disambut tepuk tangan meriah warga.

Selain itu, jemaah Mesjid Al-Ikhlas juga berharap Pemkab Toba dapat membantu pembangunan mesjid mereka yang belum tuntas. Bahkan saat itu juga mereka langsung memberikan proposal kepada Bupati.

“Saya terima proposalnya, tahun 2025 ini kita prioritaskan,” janji Bupati yang juga kembali disambut tepuk tangan jemaah masjid. ( Red )

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

error: Content is protected !!
Verified by MonsterInsights