DAERAH  

LAM Kepri Kota Tanjungpinang Dikukuhkan, Rahma : Mari Satukan Visi Misi Sejahterahkan Masyarakat

Tanjungpinang, Benhillpos.com – Pengukuhan Lembaga Adat Melayu (LAM) Kepulauan Riau Kota Tanjungpinang masa khidmat 2022-2027 resmi dikukuhkan oleh Ketua LAM Provinsi Kepri, Dato’ Seri Setia Utama H. Abdul Razak AB. Pengukuhan digelar di Gedung Sekretariat LAM Kota Tanjungpinang, Jalan H. Agus Salim, Jumat (4/2/2022).

Pada kepengurusan ini, DR. H. M. Juramadi Esram, SH, MT, MH diamanahkan menjadi Ketua Umum LAM Kota Tanjungpinang dan mendapatkan gelar adat Dato’ Wira Setia Utama. Pengukuhan diawali dengan pembacaan Surat Keputusan Ketua LAM Kepri Nomor 61 Tahun 2022 tentang susunan kepengurusan LAM Kepulauan Riau Kota Tanjungpinang yang dibacakan oleh Dato’ Seri Setia Laksana H. Raja Alhafiz. Dan ditutup dengan pemasangan tanjak, selempang, keris serta penyerahan watikah keputusan kepada Ketua Umum LAM Kepri Kota Tanjungpinang ketua umum.

Walikota Tanjungpinang, H. Rahma S.IP yang hadir pada pengukuhan tersebut mengucapkan selamat kepada pengurus LAM Kepri Tanjungpinang. Menurutnya, pengurus yang dilantik merupakan orang-orang pilihan yang terdiri dari tokoh masyarakat, akademisi, pelestari budaya dan tokoh pemuda, serta beberapa pengurus LAM juga diisi oleh para tokoh-tokoh masyarakat di wilayah setempat.

“Selamat kepada Dato’-Dato’ yang sudah resmi dikukuhkan sebagai pengurus Lembaga Adat Melayu Kota Tanjungpinang, semoga gelar adat yang kini disandang oleh pengurus dapat melaksanakan tugas sebaik-baiknya. Selain itu LAM sebagai wadah menjaga adat dan melestarikan kebudayaan Melayu,” ujar Rahma.

Rahma juga mengajak pengurus LAM untuk bersama mensejahterakan masyarakat setempat, serta memberikan kontribusi untuk masyarakat agar tercipta kehidupan bermasyarakat yang harmonis. “Harapan bersama kepada seluruh pengurus Lembaga Adat Melayu Tanjungpinang ini untuk menjaga kekompakan, soliditas dan mari kita bersama bersatu padu satukan visi misi mensejahterakan masyarakat dengan mempertahankan adat dan budaya Melayu di Kota Tanjungpinang. sebagai tokoh adat perlu menjadi pelopor, pemersatu dan merajut kembali silaturahmi agar tercipta kondisi Tanjungpinang yang maju sejahtera dan harmonis,” ucapnya.

BERITA TERKAIT :  Pembagian BLT-DD Tahap III Tahun 2022 Desa Tugu Mulyo

Sementara itu, Ketua Umum LAM Tanjungpinang, H. M. Juramadi Esram menyampaikan, setelah pengukuhan ini akan melakukan rapat kerja bersama dengan pengurus LAM yang baru. Menurutnya, dalam raker itu akan dilakukan orientasi adat dan budaya Melayu kepada pengurus LAM agar kesepahaman dan satu visi misi dalam menjalankan roda organisasi.

“Rapat kerja nanti, kita akan melakukan orientasi adat dan budaya Melayu kepada seluruh pengurus yang baru dilantik agar ada kesepahaman, satu visi dalam menjalankan roda organisasi dalam memajukan, melestarikan dan mengembangkan adat istiadat budaya Melayu kota Tanjungpinang,” ucap Juramadi.

Selain itu, ia akan memperbaharui atau membentuk sekaligus mengukuhkan Hulu Balang di empat kecamatan hingga tingkat kelurahan. Pihaknya, akan terus bersinergi bersama Pemerintah Kota Tanjungpinang untuk memajukan budaya Melayu.

“LAM bersinergi dengan Pemerintah dalam hal kemajuan kebudayaan Tanjungpinang, selain itu LAM juga merupakan mitra pemerintah yang harus mendukung program-program untuk kemajuan dan pembangunan kota Tanjungpinang” tuturnya.

Ketua Umum LAM Kepri, Dato’ Seri Setia Utama H. Abdul Razak AB mengatakan bahwa LAM merupakan cerminan berbagai paguyuban. “LAM merupakan cerminan dari berbagai paguyuban, menjadi wadah pemersatu, tentunya ini merupakan tugas yang berat. untuk itu diharapkan kepada seluruh pengurus LAM Kota Tanjungpinang agar dapat melaksanakan tugasnya dengan baik dan dapat menjadi payung negeri dari berbagai suku yang ada di Kota Tanjungpinang,” harap Abah Razak.

(Simon/Promkopim)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

error: Content is protected !!