DAERAH  

Launching Layanan SIAP BOS, Rahma : Memudahkan Warga Dalam Pengurusan Administrasi

Tanjungpinang, Benhillpos.com – Untuk memudahkan masyarakat dalam kepengurusan administrasi surat menyurat dan menyampaikan pengaduan, Kelurahan Tanjungpinang Barat melakukan launching aplikasi SIAP BOS (Sistem Aplikasi Pelayanan Berbasis Online Smartphone). Launching aplikasi tersebut dilakukan oleh Walikota Tanjungpinang, Hj. Rahma, S.IP, di Aula Kantor Kelurahan Tanjungpinang Barat, Jumat (18/2).

 

Rahma sangat mengapresiasi atas inovasi yang dilakukan untuk memberikan kemudahan bagi warganya. “Saya sangat mengapresiasi langkah yang dilakukan oleh Kelurahan Tanjungpinang Barat dengan pemanfaatan teknologi yang telah berinovasi dalam membuat aplikasi yang dapat memudahkan masyarakat dalam memberikan pelayanan dan pengurusan administrasi. Hal seperti ini perlu dicontoh oleh kelurahan lain karena aplikasi SIAP BOS ini pertama yang dimiliki oleh kelurahan di Kota Tanjungpinang,” ungkap Rahma.

 

Selain itu, Rahma juga mengatakan pemanfaatan aplikasi ini perlu dilakukan sosialisasi secara masif ke semua kalangan. Menurutnya, aplikasi ini sangat mudah diunduh oleh siapa saja khususnya warga masyarakat Kelurahan Tanjungpinang Barat sehingga tidak perlu datang langsung ke kantor lurah. “Sosialisasikan ke masyarakat secara masif, bersama RT dan RW untuk menyampaikan ke masyarakat. Untuk itu RT dan RW harus lebih mahir agar dapat menyampaikan informasinya ke masyarakat, dan lebih baik jika melibatkan forum anak untuk mengetahui penggunaan aplikasi ini agar bisa turut membantu orang tuanya jika ingin melakukan pengurusan administrasi di kantor lurah, cukup di rumah saja sudah bisa menyelesaikan urusan melalui aplikasi dengan mengupload persyaratan secara lengkap,” lanjutnya.

 

Rahma juga mengharapkan aplikasi ini dapat terus digunakan secara berkelanjutan. “Harapan bersama aplikasi ini dapat digunakan secara konsisten dan berkelanjutan, mudah-mudahan aplikasi SIAP BOS ini dapat menjadi pilot project bagi seluruh kelurahan yang ada di Kota Tanjungpinang. Dan masyarakat juga mendukung pelaksanaannya dan bermanfaat untuk kemudahan pengurusan administrasi secara digitalisasi,” pungkas Rahma.

BERITA TERKAIT :  Bupati Tasikmalaya Hadiri Milangka Kecamatan Tanjungjaya Yang Ke 30 Tahun

 

Sementara itu, Lurah Tanjungpinang Barat, Irwan Siswandi Rusli, S.Sos mengatakan aplikasi ini memberi kemudahan masyarakat dalam kepengurusan administrasi seperti surat izin menikah, surat keterangan belum memiliki rumah, surat keterangan kematian, surat keterangan tidak mampu, surat keterangan usaha, surat akta kelahiran dan surat keterangan lainnya dengan mengunduh aplikasi SIAP BOS di Plyastore bagi pengguna Android. “Aplikasi ini bertujuan untuk memberikan kemudahan masyarakat dalam pengurusan administrasi dan sebagai salah satu dukungan implementasi agar Kota Tanjungpinang menuju smart city. semoga dengan kehadiran aplikasi ini dapat menjadi pelopor pelayanan secara teknologi di Kota Tanjungpinang yang mudah digunakan tanpa harus ke kantor lurah lagi, cukup dari rumah dengan syarat harus melengkapi syarat-syarat yang berlaku sesuai kebutuhan,” ungkap Irwan.

 

Ketua Forum RT/RW Kelurahan Tanjungpinang Barat, Haslinur, S.Pd mengatakan dirinya siap mendukung penggunaan aplikasi ini dan akan disosialisasikan ke warganya. “Insya Allah kami seluruh RT dan RW siap mendukung dan mensukseskan penggunaan aplikasi SIAP BOS ini ke warga kami, karena aplikasi ini cukup memudahkan kita terutama dalam kondisi pandemi sekarang ini. cukup melengkapi dari rumah saja, kira sudah bisa terhubung ke operator tanpa harus ke kantor, semoga semakin sukses dan memberikan kemudahan kepada masyarakat,” ujarnya.

 

Turut hadir Kepala Dinas Kominfo Kota Tanjungpinang, Ruly Friady, S.Sos, M.Si, Kepala Bagian Pemerintahan, Jofrizal, S.Sos, Kepala Bagian Prokompim, Boby Wira Satria, S.STP, M.Si, Sekcam Tanjungpinang Barat, Firsandy, S.Sos, serta Forum RT/RW Kecamatan dan Kelurahan.

(Simon/Promkopim)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

error: Content is protected !!