OPINI

Mahasiswa IKS FISIP USU melaksanakan kegiatan pengenalan digital marketing terhadap UKM Otentiq Group

Penulis : Raiyan Melvandro
Supervisor Sekolah : Fajar Utama Ritonga S.Sos, M.Kesos

Mahasiswa IKS FISIP USU melaksanakan kegiatan pengenalan digital marketing terhadap UKM Otentiq Group

Benhillpos.com | Bireuen – Kondisi pandemi Covid-19 banyak mempengaruhi kehidupan masyarakat di seluruh dunia, terutama di Indonesia. Banyak UKM ataupun UMKM yang mengeluh bahwa tingkat penjualan mereka menurun drastis semenjak pandemi Covid-19 menyerang, tidak sedikit juga dari mereka yang tutup gulung tikar. Sehingga mahasiswa praktek kerja lapangan Ilmu Kesejahteraan Sosial Fisip USU Raiyan Melvandro berinisiatif membuat mini project yaitu pengenalan dan pelatihan digital marketing yang bertujuan untuk meningkatkan kembali profit UKM atau UMKM yang terdampak Pandemi Covid-19.

Sebelumnya apa yang dimaksud dengan digital marketing ? digital marketing merupakan sebuah strategi untuk memasarkan produk secara kreatif melalui media internet bisa dari media sosial, Google/Facebook Ads, web, whatsapp business, e-commerce, dan lainnya. Praktek kerja lapangan yang dilaksanakan Raiyan dilaksanakan selama 1 bulan dimulai pada tanggal 1 Maret 2021 dan berakhir pada 1 Mei 2021. Lokasi praktek kerja lapangan di Otentiq Group yang mana mereka sedang mengelola 4 UKM yaitu Kedai Otentiq, Premium Dessert, Egg Waffle Premium, dan UKM baru yang sedang dirintis yaitu Summer Day Burger.

Otentiq Group beralamatkan di Jl. Prof. A. Majid Ibrahim, Pulo Ara Geudong Teungoh, Kota Juang, Kabupaten Bireuen, Aceh 24252. Dari ke empat UKM tersebut Raiyan hanya membimbing 2 UKM yaitu Premium Dessert dan Egg Waffle Premium, hal ini dikarenakan terbatasnya tenaga dan waktu.

Teori yang digunakan Raiyan dalam melaksanakan praktek kerja lapangan ini ialah teori dari Zastrow (2010: 70-72) dimana berperan sebagai enabler yaitu pemercepat perubahan dimana membantu UKM tersebut untuk mengidentifikasi permasalahannya, membangkitkan dan mengembangkan mereka, serta memfasilitasi perencanaan dan berjalannya program ..Terdapat beberapa tahapan PKL berdasarkan metode Group Work yang dilaksanakan Raiyan di UKM Otentiq Group yaitu :
1. Tahapan Persiapan
Terdapat 2 persiapan pada tahapan ini yaitu (1) persiapan pelaksana yang mana Raiyan mempersiapkan materi-materi pengembangan bidang digital marketing. (2) Persiapan lapangan dimana pada tahapan ini melakukan observasi dan serta melakukan diskusi dengan pemilik UKM yang bertujuan untuk meminta perizinan melakukan praktek kerja lapangan di tempat usahanya.

BERITA TERKAIT :  Martabas "Bermantra" Dalam Etnik Simalungun

2. Tahapan Assessment
Pada tahapan ini Raiyan mengidentifikasi permasalahan apa yang sedang dialami oleh UKM tersebut, yang mana permasalahan yang sedang dialami UKM tersebut ialah menurunnya tingkat penjualan yang disebabkan Pandemi Covid-19 serta kurangnya informasi bagaimana memasarkan produk mereka secara digital.

3. Tahapan Perencanaan Program
Setelah mendapatkan permasalahan apa yang sedang dialami, pada tahap ini menyusun perencanaan program untuk meningkatkan penjualan di masa Pandemi Covid-19 dengan program strategi Digital Marketing.

4. Tahapan Implementasi Program
Pada tahap ini Raiyan melaksanakan pengembangan melalui program digital marketing terhadap pemilik UKM serta para pekerja yang ada di UKM tersebut.

5. Tahap Evaluasi
Pada tahap ini Raiyan dan pemilik UKM melakukan Evaluasi terhadap program yang dijalankan yang sudah direncanakan sebelumnya, namun ada satu materi yang belum terlaksakan yaitu materi pembuatan web UKM, belum terlaksananya materi tersebut dikarenakan terbatasnya waktu dan alat yang dimiliki pemilik UKM.

6. Tahap Terminasi
Pada tahap ini Raiyan melakukan pemutusan hubungan dengan pemilik UKM dimana ia melihat bahwasanya pemilik dan pekerja di UKM tersebut sudah mandiri melaksanakan program yang sudah direncakan sebelumya.

“Kami sangat berterimakasih dikarenakan saudara Raiyan telah membantu serta melaksakan PKL di tempat kami, yang mana dalam satu bulan terakhir penjualan telah meningkat dari bulan sebelumnya, hal ini juga tidak terlepas dari bimbingan saudara Raiyan kepada kami mengenai meningkatkan profit dengan cara digital marketing.” ujar Pemilik UKM Otentiq Group. ( DNM )

Bagikan :

Related posts

BOLEHKAH POLISI MELAKUKAN PEMERIKSAAN HP SESEORANG, SIMAK ATURANNYA SESUAI UNDANG-UNDANG

Sendi Eka Kurniawan

Strategi Peningkatan Investasi Bidang Cipta Karya Di Daerah Biak Numfor

Daniel Manurung

Normalisasi KPK, Rezim Presiden Berikutnya Wajib Terbitkan Perppu UU KPK

Daniel Manurung

Leave a Comment

error: Content is protected !!