OPINI

Mahasiswa Praktikum IKS FISIP USU : Laksanakan Prosedur Pemulangan Orang Terlantar Setelah Menghasilkan Karya

Benhillpos.com | Medan – Mahasiswi Praktikum IKS FISIP USU Khafipah ikut ambil peran dalam pemulangan beberapa orang terlantar di Sumatera Utara.  Khafipah mengatakan kasus orang terlantar masih terus saja ada di setiap daerah. Dalam hal ini kita yang memiliki jiwa sosial tinggi dan rasa peduli terhadap sesama harus memperhatikan keadaan tersebut. Ujaranya pada awak media.

Disamping itu khafipah mengatakan bahwa untuk memenuhi syarat pelakasanaan kegiatan perkuliahan di masa pandemik dan di akhir semester ini, ia melakukan kegiatan PKL Di Dinas Sosial Provinsi Sumatera Utara yang beralamat di Jl. Sampul No. 138, Sei Putih Bar, Kecamatan Medan Petisah, Kota Medan. Tuturnya.

Mahasiswi Praktikum IKS FISIP USU Khafipah

Selanjutnya, dalam kegiatan PKL tersebut Khafipah menegaskan kegiatan PKL yang ia lakukan merupakan sebagai salah satu staff bagian prosedur pemulangan orang terlantar di Dinas Sosial Sumatera Utara. Untuk bisa mengikuti proses pemulangan  tersebut, setiap orang terlantar yang ditemui harus memenuhi unsur :  Surat pengantar dari kepolisian terdekat. Kita assesment, lalu di beri surat pemulangan dari Dinas Sosial
Saat di stasiun di damping oleh pegawai Dinas Sosial dan saya

Teori yg saya gunakan dalam PKL kali ini adalah dari Zastrow (1982: 534-537)
Dalam Huraerah (2011: 163) tentang Enabler, maksudnya membantu masyarakat untuk dapat mengartikulasikan atau mengungkapkan kebutuhan-kebutuhan mereka, menjelaskan dan mengidentifikasi masalah-masalah mereka, dan mengembangkan kemampuan mereka agar dapat menangani masalah mereka yang mereka hadapi secara lebih efektif.

Ia menyampaikan, selama PKL dirinya menggunakan tahapan Case Work, yaitu mengasesment si klien, membuat surat pemulangan dari Dinsos lalu saya damping sampai stasiun. Teori yang saya gunakan merupakan teori sistem  yang dimana sebuah model yang menjelaskan hubungan tertentu antara sub-sub sistem dengan sistem sebagai suatu unit, tandasnya kepada awak media. Yang dimana bertujuan agar bisa mengubah prilaku individu bermasalah melalui proses pemberian informasi dan pengamatan beserta peniruan. Ucap Khafipah.

BERITA TERKAIT :  Polwan Goes to School, Polwan Polda Sumut Berikan Penyuluhan Untuk Generasi Muda

Dalam kesempatan ini Khafipah turut membantu klien mencapai tujuannya dengan Metode yang ia berikan kepada klien yaitu Casework oleh Zastrow, dan diantaranya sebagai berikut :

1. Intake dan Contract : sebatas pengenalan kepribadian klien saja.

2. Assesment : assesment kepribadian,permasalahan apa yg sedang di hadapi.

3. Planning : disini Fipah membuat kelas “ Hasta Karya “ agar sebelum dipulangkan mereka membuat sesuatu yg bisa jadi skill untuk kedepan.

4. Intervensi : pendampingan untuk menghasilkan perubahan berencana dalam diri klien.

Dalam kesempatan itu, Khafipah menyampaikan bahwa selama PKL beberapa program pembekalan kepada mereka yang ingin di pulangkan ke daerah asalnya. Tuturnya.

Program tersebut ia berinama Program Kelas Hasta Karya, di antaranya ialah : Membuat Pot Bunga, Kursus Menjahit.  Memanfaatkan barang-barang bekas yang ada, Mampu mengambil segala potensi di sekitarnya untuk menjadi projek pengembangan penghasilan kebutuhan dalam kehidupan sehari-hari.

Dimana mereka harus bisa membuat sesuatu terlebih dahulu baru boleh pulang, saya sediakan bahan bekas seperti botol minum, pipet, pot bunga bekas, dinsos Juga memfasilitasi mesin jahit. Sebut khafipah

Menurut dia, Adapun upaya dan harapan ke depanya dalam program ini, agar meraka memiliki keahlian yang bisa memperbaiki kehidupan mereka ke depannya di daerah selanjut nya, Tegasnya.

Di penghujung keterangan, Khafipah berharap ini akan menjadi sebuah solusi kehidupan mereka tidak jauh dari minim nya perekonomian, maka dengan adanya kelas hasta karya,semoga membantu mereka memiliki skil untuk di terapkan sebagai penghasilan. Ucapnya. ( DNM )

Bagikan :

Related posts

Pembangunan Berkelanjutan “Pandemi Covid-19: Menjaga dan Menyelamatkan Lingkungan Hidup”

Daniel Manurung

Polemik Terhadap Vaksinisasi Covid-19 di Indonesia

Daniel Manurung

Dampak Krisis Covid-19 Terhadap Pembangunan Ekonomi di Indonesia

Daniel Manurung

Leave a Comment

error: Content is protected !!