Manfaat Bangun Subuh, Sampai-sampai Didoakan Rasulullah!

Benhill Pos | Religi – Sebagai seorang Manusia tentunya kita ingin hidup sehat dan bahagia. Ada Banyak Cara agar kita selalu hidup sehat diantaranya adalah dengan makan makanan yang bergizi, olahraga teratur, tidur tepat waktu dan banyak lagi cara hiduo sehat lainnya.

Bangun subuh sejatinya adalah suatu ajaran penting dan tradisi yang sangat baik ditinggalkan oleh Nabi SAW. Beliau tidak suka kepada umatnya yang bangun siang, juga kepada orang yang tidur lagi setelah bangun dan shalat subuh. Kata Nabi SAW.“Aku duduk bersama orang-orang yang berdzikrullah Ta’ala mulai dari (waktu) sholat shubuh hingga terbit matahari lebih aku cintai daripada memerdekakan empat orang budak dari putra Nabi Isma’il.” (HR. Abu Dawud).

Dari Imam Ath-Thabrani dan Al-Bazzar radhiyallahu ‘an huma, Rasulullah SAW bersabda:

”Bangunlah pagi hari untuk mencari rezeki dan kebutuhan-kebutuhanmu. Sesungguhnya pada pagi hari terdapat barakah dan keberuntungan.”

Selain memperoleh keberkahan hidup, mereka yang bangun subuh, juga mendapatkan doa selamat dari para malaikat. Sebagaimana dalam firman-Nya, “Dirikanlah sholat dari tergelincir matahari sampai gelap malam dan (dirikanlah pula sholat) Subuh. Sesungguhnya sholat subuh itu disaksikan oleh malaikat.” Nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda,

“Dan para malaikat malam dan malaikat siang berkumpul pada shalat fajar (subuh).” (HR. Al Bukhari dan Muslim).

Keberkahan bangun subuh itu juga menjangkau aspek kesehatan fisik dan mental. Banyak ahli kedokteran yang menyebutkan bahwa bangun subuh itu sangat bermanfaat bagi kesehatan.

Ada pepatah mengatakan, “Ayo bangun pagi, biar rezekinya gak dipatok ayam.”

Salah satu kebiasaan baik yang cukup sulit dilakukan untuk menjadi sebuah rutinitas sebagian orang adalah bangun pagi. Kadang-kadang, meskipun kita sudah mengetahui manfaatnya, banyak dari kita yang masih sulit untuk bangun pagi. Faktornya bermacam-macam, seperti waktu tidur yang buruk (senang begadang sampai larut malam), stres, senang mengonsumsi kafein, dan lain-lain. Ada juga orang yang sulit bangun pagi karena malas dan sudah terbiasa bangun siang.

Kita perlu mengetahui keutamaan bangun pagi dan alasan-alasan kenapa kita harus bangun pagi. Secara kesehatan, bangun pagi bisa membuat tubuh menjadi lebih fresh, pola makan yang baik, ada waktu untuk berolahraga, bisa lebih meningkatkan konsentrasi, dan lain sebagainya. Salah satu makna dari pepatah di atas juga merupakan sindiran untuk kita. Definisi rezeki dipatok ayam juga bisa dialami kalangan yang lebih luas, seperti para pekerja atau pedagang yang jika bangun siang banyak hal yang akan terlewat, entah terlambat masuk kerja, tidak mendapatkan pembeli (bagi para pedagang), dan tertinggal aktivitasnya oleh orang-orang. Ketika yang lain sudah banyak melakukan aktivitas baik, kita malah baru bangun.

Ini penting sahabat. Itulah kenapa, salah satu waktu yang sangat diberkahi adalah waktu pagi. Sebagaimana hadis Imam Ath-Thabrani dan Al-Bazzar ra, Rasulullah saw bersabda: ”Bangunlah pagi hari untuk mencari rezeki dan kebutuhan-kebutuhanmu. Sesungguhnya pada pagi hari terdapat barokah dan keberuntungan.”

Anjuran untuk bangun pagi banyak sekali. Bahkan ketika zaman Rasulullah, saat Rasul pulang dari salat subuh dan mendapati putrinya Sayyidah Fatimah az-Zahra masih tidur, beliau membangunkannya dan memberikan nasihat untuk tidak menjadi orang yang lalai. Hal ini disebutkan dalam hadis riwayat Imam Ahmad dan Al-Baihaqi.

“Wahai anakku, bangunlah. Saksikan rezeki Tuhanmu dan janganlah kamu termasuk orang yang lalai, karena Allah memberi rezeki kepada hamba-Nya antara terbit fajar dengan terbit matahari.” (HR. Imam Ahmad dan Al-Baihaqi).

Dahsyatnya lagi, ini menarik dan penting kita ketahui. Karena banyak keberkahan pada waktu pagi, Rasulullah saw., sampai mendoakan umatnya yang bangun pagi. Doanya tercatat dalam hadis riwayat Abu Dawud, At-Tirmidzi, An-Nasa’I, dan Ibnu Majah.

“Ya Allah berkahilah untuk umatku waktu pagi mereka.” (HR. Abu Dawud, At-Tirmidzi, An-Nasa’I, dan Ibnu Majah).

Bagaimana mungkin kita masih bisa melewatkan untuk bangun pagi sedangkan sudah mengetahui banyak manfaatnya, sekaligus didoakan langsung oleh Rasulullah shallallahu ‘alaihi wasallam. (Red)

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

error: Content is protected !!
Verified by MonsterInsights