NASIONAL

Mendagri Ajak Semua Perusahaan dan Pihak yang Mampu untuk Gotong Royong Bantu Masyarakat Terdampak Pandemi

Benhillpos.com | Jakarta – Menteri Dalam Negeri (Mendagri) Muhammad Tito Karnavian mengajak agar dunia usaha dan semua pihak yang memiliki kemampuan untuk membantu masyarakat terdampak pandemi. Meski menyadari bahwa di tengah pandemi dunia usaha juga turut tertekan, Mendagri berharap agar mereka tetap dapat membantu masyarakat. Salah satunya, bila memungkinkan dilakukan melalui alokasi anggaran tanggung jawab sosial perusahaan atau corporate social responsibility (CSR).

“Pada kesempatan yang baik ini tolong lah kepada teman-teman dunia usaha atau yang mampu, sekarang lah kita semangat gotong royong membantu masyarakat yang terdampak,” ujar Mendagri dalam keterangan persnya saat melakukan kunjungan kerja ke Pemerintah Kabupaten Tangerang, Senin (26/7/2021).

Menteri Dalam Negeri (Mendagri) Muhammad Tito Karnavian

Pada kesempatan tersebut, Mendagri menyebutkan, beberapa daerah telah menyalurkan bantuan kepada masyarakat terdampak pandemi melalui Badan Amil Zakat Nasional (Baznas). Hal serupa juga bisa dilakukan dengan memanfaatkan CSR yang dialokasikan oleh perusahaan. Apalagi aturan pertanggungjawaban penggunaan dana Baznas maupun CSR dinilai tidak seketat menggunakan sumber pendanaan dari Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah (APBD).

“Sistem pertanggungjawabannya tidak seketat seperti APBD, ini juga bisa digunakan untuk membantu masyarakat,” tutur Mendagri.

Hal ini pula yang dilakukan oleh Pemerintah Kabupaten Tangerang yang telah mampu memanfaatkan sumber pendanaan di luar APBD berupa penggunaan CSR dari berbagai perusahaan. ( RED )

Sumber : Puspen Kemendagri

Bagikan :
BERITA TERKAIT :  Kemendagri Kembali Gelar Kejuaraan Tenis Lapangan Seman Widjojo Cup

Related posts

Wakil Bupati  TOBA Tonny Simanjuntak Buka Secara Resmi “GOHAN FESTIVAL COLLABORATION 2022”

Daniel Manurung

BPODT Gelar Konferensi Pers Membahas Pencapaian Selama Terbentuk Dan Penyampaian Rencana Program Kerja TA 2022

Daniel Manurung

Perkuat SDM Penyusun Perda dan Perkada, BPSDM Kemendagri Gelar Diklat Legal Drafting

Daniel Manurung

Leave a Comment

error: Content is protected !!