MIPI: Komunikasi jadi Penentu Seberapa Baik Kebijakan Pemerintah Dijalankan

Benhillpos.com | Jakarta – Ketua Bidang Pengembangan Teknologi Informasi Masyarakat Ilmu Pemerintahan Indonesia (MIPI) Megandaru Kawuryan Megandaru Kawuyan mengatakan selain media mainstream, media sosial merupakan backbone manusia modern. Menurutnya keberadaan internet hari ini tidak bisa lagi ditutup-tutupi dalam hal besaran manfaatnya.

“Apapun yang namanya kebijakan publik, kalau tidak bisa dikomunikasikan dengan baik maka kebijakan itu tidak akan berjalan dengan baik. Dalam hal pemerintahan, intensitas komunikasi tidak melulu berbanding lurus dengan kualitas komunikasi,” ungkap Megandaru dalam Webinar yang digelar MIPI bertema: “Masalah Media dan Kebijakan Pemerintah Yang Efektif”, Sabtu (12/2/2022).

Di wilayah privat, lanjut Megandaru, komunikasi dijalankan kepada pemilik perusahaan, kepada pemilik saham. Namun pada sektor publik, khususnya pemerintahan komunikasi dijalankan ke internal, diperlukan pula teknik dan skill komunikasi antar organisasi, komunikasi management kebijakan kepada publik, hingga suatu pemerintahan dapat melewati krisis komunikasi.

“Komunikasi pemerintahan audiensnya sangat banyak. Untuk itu pengelolaan komunikasi nya akan lebih rumit ketimbang komunikasi di sektor privat. Di Indonesia yang sudah demokrasi ininkitabharus paham komunikasi pemerintahan,” tutup Megandaru.

Webinar MIPI tersebut menghadirkan Koordinator Tim Komunikasi Publik dan Kesekretariatan MIPI Ika Sartika, Direktur Jenderal (Dirjen) Informasi dan Komunikasi Publik Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kemenkominfo) Usman Kansong dan perwakilan Komisi Penyiaran Indonesia (KPI).

Ika Sartika mengingatkan penggunaan media hari ini merupakan sebuah kewajiban. Bahkan di dunia politik penggunaan media menjadi strategi jitu untuk meraih kemenangan.

“Bahkan untuk figur yang mendapat pemberitaan yang positif terus menerus, sosok ini dikenal sebagai Media Darling,” kata Ika.

Pengurus Asosiasi Media Digital Indonesia (AMDI) Asri Hadi mengapresiasi pengurus MIPI yang rutin menggelar seminar yang bisa diakses oleh khayalak Indonesia secara online.

BERITA TERKAIT :  Wamendagri Serahkan 199 Kode Desa Pada 17 Kabupaten

“Saya sangat mengapresiasi kegiatan-kegiatan yang tujuannya memberikan pencerahan kepada masyarakat Indonesia, baik bagi masyarakatnya maupun bagi para penyelenggara negara,” ujar Asri yang juga Dosen senior IPDN.

Dikatakan Asri, apa yang dilakukan oleh MIPI menjadi sumbangsih pemikiran dalam mencerdaskan masyarakat, sehingga akhirnya tercipta sebuah negara yang aman. ( Red )

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

error: Content is protected !!