DAERAH

Normalisasi Irigasi, Langkah Tepat Perlancar Perairan Pertanian

Benhillpos.com | Karawang – Kedatangan alat berat exavator untuk normalisasi dapat penolakan keras dari masyarakat mungkin kurangnya sosialisasi Pemerintah Desa Pasir Jaya, Kecamatan Cilamaya Kulon, Kabupaten Karawang. Pentingnya normalisasi untuk kelancaran air di aliran sungai mengairi lahan pertanian supaya adanya peningkatan hasil panen para petani, Sabtu (29/05/2021)

Para petani yang menolak yaitu para pemilik lahan pesawahannya diurug dengan lumpur karena pelebaran dan mengurangi luas lahan pesawahannya. Ada pula petani yang mendukung adanya normalisasi karena terjaminnya air untuk pesawahan mereka, maka diadakanlah musyawarah di desa agar petani sepaham dan bijak menerima keputusan.

Musyawarah dihadiri oleh Masyarakat Desa,  Kepala Desa, BPD, Kapolsek, Danramil Koramil, Tokoh Masyarakat, Tokoh Agama, Tokoh Pemuda, lSM, 0rmas, Pengacara, Pelaksana Kerja Normalisai, musyawarah tersebut bertujuan untuk mendapatkan hasil yang terbaik khususnya untuk petani.

Ketua BPD Abdul Gani menyampaikan bahwa setiap permasalahan bisa di musyawarahkan dengan baik karena BPD merupakan menerima keluh kesah masyarakat dan menyampaikan kepada kepala desa. Disinilah tujuan kita bersama unuk mewujudkan agar para petani paham akan adanya normalisasi supaya meningkat hasil tanam padi lebih baik; tuturnya.

Menurut Kepala Desa Pasir Jaya Abdul Hakim alias Saglak bahwa ia akan berusaha semaksimal mungkin untuk memberikan jalan keluar supaya kegiatan normalisasi tetap berjalan sesuai prosedur. Hal ini tidak serta merta harus merugikan masyarakat.

Kades juga menjelaskan yang sudah banyak dapat informasi dari sejawat Kades bahwa normalisasi saluran irigasi mendapat dampak yang positip serta peningkatan hasil panen dapat memuaskan, debit air yang tinggi atau banjir disebabkan curah hujan yang tinggi dengan cepat turun kelaut. Hal inilah yang membuat Kepala Desa mengajukan permohonan bersama BPD dan masyarakat kepada Pemerintah Daerah supaya ada normalisasi irigasi.

BERITA TERKAIT :  Camat Paiker buka pelatihan UU desa 2022 oleh Kejari Empat Lawang

Kades juga meminta kepada masyarakat untuk mengerti, bahwa normalisasi irigasi membawa dampak yang lebih baik dan saya bersyukur karena masyarakat sudah mau serta mendukung adanya normalisasi irigasi dan mudah mudahan besok akan dikerjakan sesuai rencana; ujarnya.

Biasa disapa Kentung menyampaikan dirinya bersyukur dengan adanya musyawarah ini akhirnya bisa ada jalan titik temu secara mufakat. Saya sebagai pelaksana normalisasi irigasi siap akan melaksanakan pekerjaan ini dan besok mulai dikerjakan karena masyarakat Desa Pasir Jaya, Kecamatan Cilamaya Kulon, Kabupaten Karawang sudah menerima hasil keputusan dan siap untuk adanya normalisasi irigasi yang membentang 3 desa; pungkasnya. ( Tawij )

Bagikan :

Related posts

Ketum LSM Pejuang Serahkan SK Dan KTA ke lima PAC

Sendi Eka Kurniawan

Pasca Perkelahian, Polres Toba Mediasi Pelajar SMP Yang Viral Di Medsos

Daniel Manurung

Desa Pasirawi Salurkan BLT DD Tahap 1, 2, dan 3, Tahun 2022 Di Sambut Baik Oleh Masyarakat

Daniel Manurung

Leave a Comment

error: Content is protected !!