TNI & POLRI

Optimalkan PPKM Level 3, Polsek  Pancurbatu Bersama Muspika Gelar Swab Antigen Di Pasar Pancurbatu

Benhillpos.com | SUMUT – Dalam upaya pencegahan dan pengendalian Covid 19 di Pancur Batu, Kecamatan Pancur Batu Kabupaten Deliserdang, Sumatera Utara, Polsek Pancurbatu gelar Kegiatan Swab Antigen yang dilakukan oleh Muspika Plus Pancurbatu bekerjasama dengan Tenaga Kesehatan dari Puskesmas (Tuntungan dan Gunung Tinggi) serta RSU di Pasar Pancurbatu Jl. Jend. Jamin Ginting Km.17 Kecamatan Pancurbatu Kabupaten Deli Serdang, Sumatera Utara, Sabtu (31/07/2021) sekira pukul 09.00 Wib hingga pukul 11.30 Wib.

Dalam rangka PPKM Level-3 sesuai Inmendagri nomor 26 tahun 2021 tanggal 25 Juli 2021, Instruksi Gubernur Nomor 188.54/31/INST/2021 tanggal 26 Juli 2021 dan Instruksi Bupati Deli Serdang Nomor : 440/ 2515 tentang Pemberlakukan Pembatasan Kegiatan Masyarakat Level 3 dan mengoptimalkan posko penanganan Corona Virus Disease 2019 di tingkat desa dan kelurahan untuk pengendalian penyebaran Corona Virus Disease 2019.

Kegiatan tersebut dipimpin oleh Camat Pancurbatu selanjutnya arahan (pembagian tugas) oleh Kapolsek serta Danramil yaitu personel yang ada dibagi menjadi 5 team (masing – masing team merupakan gabungan dari seluruh instansi) di dua lokasi yang berbeda yaitu lokasi I di Jl. Besi Desa Lama Kecamatan Pancurbatu pelaksana team 1 dan 2 sedangkan lokasi II di kantor Dishub Jl. Jamin Ginting Km.17 sebagai pelaksana adalah team 3,4 dan 5.

Kemudian tekhnis pelaksanaan kegiatan masing – masing team menyebar di lokasi pasar dan apabila menemukan masyarakat yang tidak menggunakan masker selanjutnya dibawa untuk dilakukan SWAB Antigen ke masing – masing lokasi (baik I maupun II)

Apabila hasil Swab didapatkan ada yang reaktif akan ditangani lanjut oleh team dari Tenaga Kesehatan dan pelaksanaan kegiatan bersifat persuasif dan humanis dalam pelaksanaannya

Adapun maksud dalam pelaksanaan SWAB Antigen adalah melakukan pemeriksaan terhadap masyarakat yang tidak menggunakan masker datang berkunjung ke Pasar Pancurbatu yang dimungkinkan merupakan OTG (orang tanpa gejala) sehingga dapat menularkan virus Covid 19 kepada masyarakat lainnnya serta dalam rangka menindak lanjuti instruksi dari (Mendagri, Gubernur Sumatera Utara dan Bupati Deli Serdang)

BERITA TERKAIT :  Danrem 023/KS Tinjau Pelaksanaan TMMD Ke 114 Kodim 0211/TT

Tujuan dalam pelaksanaan kegiatan adalah mencegah penyebaran Covid 19 diwilayah Deli Serdang khususnya Kecamatan Pancurbatu sehingga yang saat ini berada pada level 3 dapat menurun.

Sekira pukul 09.30 Wib, kegiatan dimulai dan dilakulan SWAB Antigen terhadap 105 orang masyarakat dengan rincian lokasi I sebanyak 58 orang dan lokasi II sebanyak 47 orang

Dari pelaksanaan kegiatan SWAB ANTIGEN terhadap 105 orang didapat hasil 3 (tiga) orang reaktif yakin dari Lokasi I dilaksanakan SWAB terhadap 58 orang ada 2 (dua) orang yang reaktif dengan inisial R (17) status pelajar warga Dusun IV Desa Tengah Kecamatan Pancur Batu dan RA (24) warga Jalan Karya Dusun 2 desa Baru sedangkan di Lokasi ke II dilaksanakan SWAB terhadap 47 orang ada 1 (satu) orang ditemukan yang reaktif  dengan inisial YP (24) warga Dusun II A Desa Baru Kecamatan Pancur Batu.

Upaya yang dilakukan terhadap 3 (tiga) orang yang reaktif langsung ditangani oleh Tenaga Kesehatan dan dibawa ke RSU Pancurbatu untuk melaksanakan SWAB PCR dan selanjutnya diserahkan ke satgas masing masing desa sesuai domisili untuk isolasi mandiri dengan pengawasan satgas Covid Desa sambil menunggu hasil pemeriksaan SWAB PCR dari Laboratorium USU.

Kegiatan ini dihadiri 20 personel Polsek Pancurbatu dipimpin Kapolsek Pancurbatu Kompol Dedy Dharma, S.H, 35 personel Kecamatan Pancurbatu dipimpin oleh Camat Sandra Dewi Situmorang, S.STP., M.si, 23 personel dari Koramil 0201/14 PB dipimpin oleh Danramil Kapten INF Sabur Utomo, 12 personel dari Tenaga Kesehatan dipimpin oleh dr. Dameria Ginting, M.KT dan dr. Hidayat, 15 personel dari Desa Lama Kecamatan Pancurbatu dipimpin oleh Kades Nizar L. Tarigan dan 2 personel Kejaksaan Negeri DS cabang Pancurbatu

Kapolrestabes Medan AKBP Riko Sunarko S.ik melalui Kapolsek Pancurbatu Kompol Dedi Darma mengatakan untuk menerapkan kebiasaan baru di masyarakat perlu pendisiplinan dan kami sebagai penegak hukum tak pernah lelah untuk mengingatkan masyarakat untuk disiplin protokol kesehatan.

BERITA TERKAIT :  Sinergitas Babinsa Bersama Perangkat Kelurahan Dan Masyarakat Laksanakan Gotong Royong

Kapolsek Pancurbatu juga menghimbau kepada masyarakat yang ditemui untuk selalu menjalankan Protokol Kesehatan untuk kepentingan bersama dan tak lupa mensosialisasikan mengenai PPKM Level 3.

“Saya harapkan masyarakat untuk selalu melaksanakan protokol kesehatan demi kepentingan kita bersama. Kalau kita tidak bersama bahu membahu memerangi Covid ini tentunya apa yang pemerintah lakukan akan sulit terwujud ,” pungkasnya. ( DNM )

Bagikan :

Related posts

Brigjend TNI Robert D Ndona: Mewujudkan Prajurit Yang Profesional dan Disiplin Dengan Melaksanakan Penerapan Aturan Dasar Kemiliteran

Daniel Manurung

Pamor Keris Polsek Kedungwaru Bubarkan Pertunjukan Live Musik di Warung Kebunsari

Daniel Manurung

Wakapolres Mojokerto membagikan Takjil kepada para Tahanan dan mengecek kondisi Tahanan

Feri Indra Leki

Leave a Comment

error: Content is protected !!