OPINI  

Pembangunan Berkelanjutan “Target Mencapai Pendidikan Berkualitas Di Indonesia”

Benhillpos.com | Jatim – Dari tujuan pembangunan berkelanjutan pendidikan dasar dan menengah universal, pendidikan dan perkembangan anak usia dini (PAUD), akses merata untuk Pendidikan Kejuruan dan Pendidikan Tinggi, keahlian dan kecakapan untuk pekerjaan yang layak, inklusivitas dan kesetaraan gender, keaksaraan bagi pemuda dan orang dewasa, pendidikan untuk pembangunan yang berkelanjutan dan pendidikan kewarganegaraan global, lingkungan belajar efektif, meningkatnya ketersediaan beasiswa, meningkatkan pasokan guru yang berkualitas.

Namun dalam mencapai target tersebut, masih banyak tantangan dan hambatan yang terjadi pada pendidikan di Indonesia seperti, masih tingginya tingkat buta huruf dan angka putus sekolah di Indonesia, kurangnya guru terampil di daerah terpencil, pendanaan untuk pendidikan belum dialokasikan secara maksimal dan menyeluruh, serta masih adanya perspektif pendidikan bukanlah sesuatu yang penting dalam kehidupan ataupun terkendala ekonomi.
Selain tantangan tersebut, pendidikan saat ini juga dihadapkan dengan permasalahan pandemi Covid-19 yang melanda dunia termasuk Indonesia.

Pendidikan untuk mencapai tujuan berkelanjutan terhambat karena sistem dan tatanan pendidikan mengalami perubahan. Pembelajaran daring membuat semakin jelasnya kelemahan pendidikan di Indonesia.

Dalam upaya mencapai tujuan pembangunan berkelanjutan terutama pada pendidikan berkualitas justru dihadapkan dengan hambatan berupa masih banyaknya sekolah yang belum memiliki fasilitas yang memadai, ketidaksiapan guru maupun siswa untuk melaksanakan pembelajaran daring, bahkan berdampak pada menurunnya tingkat pemahaman siswa mengenai pembelajaran, contoh yang dapat diambil ialah siswa Sekolah Dasar (SD) kelas 1 atau 2 biasanya sudah bisa membaca walaupun masih terbata-bata, namun setelah adanya pandemi siswa kelas 3 SD pun masih sulit mengenali huruf-huruf.

Beberapa upaya yang dapat dilakukan dalam mengintegrasikan tujuan pembangunan berkelanjutan (SDGs) adalah perlunya peningkatan dukungan anggaran yang cukup dan sesuai dengan kebutuhan dan perbaikan pendidikan Indonesia, perlunya pengalokasian bantuan pendidikan secara menyeluruh dan terstruktur sampai ke pelosok desa, perlunya pencapaian proporsi sekolah yang memiliki sarana dan prasarana yang memadai baik dari aliran listrik, internet, komputer, dan fasilitas pendukung lainnya, perlunya pemantauan dan pelatihan untuk guru di desa atau pelosok agar terciptanya pendidik yang berkualitas sehingga dapat memunculkan generasi yang berkualitas pula. ( Red )

Nama : Putri Nur Ambarwati
Prodi : Administrasi Publik (A1)
Universitas Muhammadiyah Sidoarjo

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

error: Content is protected !!