Pesta Rakyat Tarhilala Ajak Masyarakat Untuk Kelola Sampah Secara Bertanggung Jawab

Benhillpos.com | TOBA – Bank Sampah Tarhilala bekerjasama dengan Pemerintah Kabupaten Toba berhasil menggelar Pesta Rakyat Tarhilala pada Rabu, 11 Januari 2023 dengan Tema TOBA BERSINAR, SAMPAH KITA PILAH, LINGKUNGAN KITA JAGA.

Kegiatan ini didukung penuh oleh PTT Exploration and Production Public (PTTEP) Indonesia, perusahaan sektor minyak dan gas milik Pemerintah Thailand yang membantu penanganan sampah di kawasan Danau Toba sebagai wujud dukungan untuk Kawasan Pariwisata Super Prioritas (KPSP) Danau Toba.

Dengan semangat dan tekad menuju pertumbuhan yang berkelanjutan, PTTEP Indonesia beroperasi dengan pertimbangan untuk menciptakan keseimbangan yang tepat antara aspek bisnis, sosial dan lingkungan serta nilai bersama bagi para pemangku kepentingan.

Oleh karena itu, PTTEP Indonesia mengambil bagian dalam mengelola sampah.

PTTEP telah menetapkan target sementara untuk mengurangi intensitas emisi gas rumah kaca setidaknya 30% dalam tahun 2030 dan 50% dalam tahun 2040 (dari tahun dasar 2020) dan mencapai Net Zero Emissions pada tahun 2050.

Untuk mencapai tujuan tersebut, PTTEP menetapkan dua rencana yang tertanam dalam strategi bisnis kami.

Yang pertama adalah mengeksplorasi portofolio E&P rendah karbon, di mana proyek-proyek baru dengan penekanan pada gas alam dan intensitas gas rumah kaca diperhitungkan dalam proses pengambilan keputusan investasi.

Rencana kedua berkomitmen pada konsep produksi dan planet dalam keseimbangan, dimana kami mengejar pengembangan teknologi untuk mengurangi emisi gas rumah kaca dari proses produksi, khususnya Carbonapture and Storage yang secara dramatis akan mengurangi emisi gas rumah kaca.

“Dukungan dan kerja sama antara pemerintah, swasta, pengelola industri, dan masyarakat diperlukan untuk menyukseskan Net Zo Emissions” ujar General Manager PTTEP Indonesia, Grinchai Hattagam.

Kegiatan ini dilakukan dalam rangka meningkatkan silaturahmi antara seluruh pemangku kebijakan, yaitu pemerintah setempat, Perusahaan sponsor, tokoh masyarakat, pelaku usaha, dan seluruh masyarakat yang telah terlibat dalam program edukasi dan pengelolaan sampah terpadu yang telah dilaksanakan selama 2 (dua) tahun terakhir di Kabupaten Toba

BERITA TERKAIT :  Guna Mengecek Surat Dan Kelengkapan Lainnya, Sat Pol Airud Sibolga Sambangi Pemilik Kapal

Mengusung Konsep Bazaar Sembako Murah Bayar Pakai Sampah, Kegiatan yang digelar di Komplek Tugu D.I. Panjaitan, Balige, Kabupaten Toba, masyarakat dapat membeli sembako dengan harga murah dan membayar menggunakan sampah.

Adapun sampah yang dapat ditukarkan adalah sampah anorganik yang dibagi menjadi 4 kategori seperti Plastik, Kertas, Botol Kaca, dan Logam.

Rangkaian kegiatan yang akan dilakukan dalam Pesta Rakyat Tarhilala antara lain; Pameran UMKM, Live Music, Doorprize dan kegiatan menarik lainnya. Selain itu, pada kegiatan ini juga akan diserahkan hadiah berupa modal usaha untuk 10 UMKM terbaik yang telah mengikuti program inkubasi bisnis yang telah dilaksanakan pada bulan Oktober – November 2022.

Pesta Rakyat Tarhilala dihadiri oleh Asisten Deputi Pengelolaan Sampah dan Limbah Kemenkomarves, Rofi Alhanif, S.Pi., M.Sc., Direktur Pengurangan Sampah KLHK, Ir. Sinta Saptarina Soemiarno, M.Sc., Bupati
Kabupaten Toba Ir. Poltak Sitorus yang diwakilkan oleh jajarannya, General Manager PTTEP Indonesia, Grinchai Hattagam, Direktur PT Solusi Rahayu Indonesia, Febriyanti SR, serta seluruh kepala dinas dan OPD Kabupaten Toba.

Kegiatan ini menghadirkan 300 masyarakat dan melibatkan 15 pelaku UMKM di Kabupaten Toba. ( DNM )

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

error: Content is protected !!