NASIONAL

PPSDM Kemendagri Regional Bandung Bangun Rumah Limas: Tonggak Awal Kolaborasi Kemendagri, Polri, TNI, Pemda Kabupaten Sumedang dan Masyarakat Desa Banyuresmi

Benhillpos.com | Sumedang – Dalam rangka menyemarakkan Hari Kemerdekaan RI Ke-77, PPSDM Kemendagri Regional Bandung yang merupakan UPT BPSDM Kemendagri bersinergi bersama warga Desa Banyuresmi, aparat Kecamatan Sukasari, Polsek Sukasari, Kodim Siliwangi 0610, dan Pemda Sumedang secara resmi melakukan peletakkan batu pertama pembangunan Rumah Limas sebagai tonggak awal Kolaborasi dalam memberdayakan masyarakat Desa Banyuresmi, Kecamatan Sukasari, Kabupaten Sumedang, Jumat (05/08/2022)

“Rumah Limas merupakan simbol kolaborasi yang terdiri dari 5 sudut yang mencirikan Pancasila serta menggambarkan bentuk kolaborasi 5 intansi yaitu Kemendagri, TNI, Polri, Pemda Sumedang (Kecamatan Sukasari), dan Pemerintah Desa Banyuresmi.
Secara kebetulan di laksanakan pada tanggal 5 Agustus, yang menggambarkan semangat Pancasila” jelas Kepala PPSDM Kemendagri Regional Bandung, Dr. Belly Isnaeni, SH., MH

Hadirnya Rumah Limas diharapkan menjadi wadah kolaborasi untuk memunculkan inovasi, inspirasi, dan gerakan-gerakan perubahan untuk mewujudkan warga desa yang mandiri dan sejahtera.

Rumah Limas juga merupakan pondasi awal dan simbol untuk mewujudkan cita-cita bangsa yang tertuang didalam konstitusi yang bermuara pada terciptanya Keadilan Sosial Bagi Seluruh Rakyat Indonesia.

“Rumah Limas ini merupakan wujud komitmen nyata Kemendagri untuk membersama rakyat dan terus berupaya mewujudkan cita-cita Pancasila. Rumah Limas merupakan langkah awal untuk memulai program-program pemberdayaan masyarakat yang akan kami lakukan selanjutnya” ujar Belly

Pada kesempatan tersebut Kepala Desa Sukasari, Ade Kardiman menyampaikan bahwa Desa Banyuresmi merupakan Desa termiskin di Kecamatan Sukasari, Kabupaten Sumedang ditengah potensi alam yang melimpah, baik dari potensi wisata, potensi sumber daya alam, maupun potensi agronomi dan hortikultura.

“Saya mewakili warga desa sangat bersyukur Kemendagri, Pemda Sumedang, Polsek, dan Babinsa berinisiasi untuk ikut membangun desa kami. Harapan kami, hadirnya kolaborasi 5 intansi ini dapat membimbing kami untuk memaksimalkan potensi desa yang begitu melimpah dan juga dapat bersama-sama untuk mewujudkan desa Banyuresmi yang sejahtera” ucap Ade Kardiman

BERITA TERKAIT :  PPKM Jawa-Bali Diperpanjang hingga 29 Agustus, Seluruh Daerah Berada pada Level 1

Selain permasalahan belum optimalnya pemanfaatan sumber daya desa, hadirnya kolaborasi 5 intansi diharapkan dapat juga menyelesaikan permasalahan sosial ekonomi lainnya, seperti Stunting, pendidikan, kemiskinan, dan peningkatan SDM. Sebagai informasi jumlah kasus stunting di desa Banyuresmi pada tahun 2021 tercatat meningkat menjadi 11 orang, dari 5 org pada tahun sebelumnya.

Kapolsek Sukasari, AKP Ato Suharto menyambut baik kolaborasi Rumah Limas yang digagas PPSDM Kemendagri Regional Bandung. Ato menegaskan bahwa Polsek yang ditugaskan untuk melindungi dan mengayomi masyarakat Desa Sukasari sangat mengapresiasi dan siap membantu untuk bersama-sama menciptakan Desa Banyuresmi yang sejahtera.

Pada penutupan kegiatan tersebut, Belly menegaskan bahwa gerakan kolabarasi pembangunan Rumah Limas ini diharapkan menjadi mercusuar terbentuknya kolaborasi lintas intansi yang lebih besar. Harapannya aktivitas sosial ini dapat menjadi role model bagi instansi lainnya untuk menciptakan gerakan pemberdayaan desa di sekitar lokasi kantornya. ( Red )

Bagikan :

Related posts

DPRD SUMUT Apresiasi Atas Ditemukannya  Minyak Goreng Timbunan 1,1 Juta Kilogram Oleh Gubsu Dan Tim Satgas Pangan Sumut

Daniel Manurung

Di Musrenbangprov Bengkulu, Kemendagri Dorong Pemprov Optimalisasi Realisasi SPM

Daniel Manurung

Mendagri Terbitkan Surat Edaran, Atur Soal Pemberian THR dan Gaji ke-13 oleh Pemda

Daniel Manurung

Leave a Comment

error: Content is protected !!