PSMT Undip Raih Juara Grand Champion Kompetisi Internasional 18th Busan Choral Festival & Competition Di Korea Selatan

Benhillpos.com | Semarang – Paduan Suara Mahasiswa Teknik Universitas Diponegoro (PSMT Undip) atau dikenal juga Diponegoro Engineering Student Choir raih Juara Grand Champion Pada Kompetisi Internasional 18th Busan Choral Festival & Competition Di Korea Selatan

Paduan Suara Mahasiswa Teknik Universitas Diponegoro (PSMT Undip) atau dikenal juga Diponegoro Engineering Student Choir di kalangan Internasional merupakan salah satu paduan suara mahasiswa yang berdiri di dalam naungan Fakultas Teknik Universitas Diponegoro, Semarang, Jawa Tengah.

PSMT Undip sendiri terbentuk pada tahun 2003, dimulai dari komunitas kecil yang berisikan mahasiswa-mahasiswa Teknik yang memiliki kecintaan terhadap seni, terkhususnya dalam dunia paduan suara, berdiri hingga saat ini menjadi salah satu paduan suara yang memiliki kualitas musikalitas serta dedikasi para anggotanya yang sangat tinggi.

“PSMT merupakan satu-satunya wadah bagi kami, mahasiswa teknik Undip untuk menuangkan hobby, serta kesenangan dalam bernyanyi dan bermusik, PSMT dibentuk oleh teman-teman yang memiliki tanggungan yang sama, yaitu menjadi mahasiswa teknik yang berkutat dengan pelajaran-pelajaran yang cukup menguras otak, di hiasi dengan segala praktikum, ujian, tugas-tugas akhir, serta produk keteknikan yang membuat kami, anak-anak teknik butuh “rumah” untuk singgah dan untuk berkarya. PSMT menjadikan kami satu, menjadikan kami keluarga yang memiliki satu tujuan, yaitu menjadikan paduan suara menjadi sarana healing bagi kami” Ujar Dewantara Umbu, Mahasiswa Teknik Sipil 2016 saat. Dikonfirmasi, Kamis, 27/10/2022.

Sejak 2017, Dibawah arahan dan bimbingan pengaba atau choirmaster, Bagus S. Utomo, PSMT Undip berhasil meraih prestasi dan kemenangan baik dalam tingkat nasional maupun internasional.

Salah satu kompetisi bergengsinya adalah Busan Choral Festival & Competition 2022.

Busan Choral Festival & Competition merupakan salah satu kompetisi terbesar dunia yang diselenggarakan oleh pemerintah Busan, di Korea Selatan.

BERITA TERKAIT :  Mendagri Ajak ASN Jadi Agen Perubahan Menuju Indonesia Emas 2045

18 Tahun lamanya, kompetisi ini selalu diikuti oleh paduan suara paduan suara ternama dunia. Pada Tahun ini, tanggal 19-22 Oktober 2022, 18th Busan Choral Festival & Competition mengadakan kompetisi di beberapa kategori, seperti Classical Mixed & Equal, Ethnic/Traditional, Pop & Acappella, dan Youth Choir.

Kompetisi ini diikuti oleh 6 Negara, dengan jumlah 36 team dan 1500 orang.

PSMT Undip Berhasil meraup beberapa penghargaan, seperti 1st Prize winner dalam kategori Classical Mixed & Equals, 3rd Prize winner dalam kategori Ethnic/Traditional, Tidak hanya itu, tetapi tim ini juga mendapat special jury awards, yaitu Best presentation dalam kategori Ethnic/Traditional.

PSMT Undip juga masuk dan bertanding dalam Grand Prix Round dan menjadi Pemenang 18th Busan Choral Festival & Competition serta mendapatkan Grand Prize sebesar 20.000 USD.

Ini adalah kali kedua indonesia menjuarai kompetisi bergengsi BCFC, setelah The Archipelago Singers di tahun 2019.

Pencapaian ini mungkin merupakan capaian terbesar selama PSMT Undip berdiri, dedikasi, segala proses,serta pengorbanan para tim patut diapresiasi. Harapan kedepan semoga Prestasi luar biasa ini terus bisa dilanjutkan sampai tahun yang akan mendatang, semoga Paduan Suara Indonesia, terkhususnya untuk kawula muda Indonesia terus berkembang dan terus menumbuhkan prestasi baru! ( Red )

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

error: Content is protected !!