DAERAH  

Rahma Salurkan Cadangan Pangan Pemda Untuk Warga Kategori Gizi Buruk

Tanjungpinang, Benhillpos.com – Melalui Dinas Pertanian Pangan dan Perikanan (DP3), Pemerintah Kota Tanjungpinang menyalurkan bantuan cadangan pangan pemerintah daerah berupa beras kepada balita yang masuk kategori gizi buruk. Walikota Tanjungpinang Hj. Rahma S.IP menyerahkan langsung bantuan berupa beras kepada 10 kepala keluarga pada masing-masing kelurahan, Kamis (17/2).

 

Rahma bersama Kepala Dinas P3, saat menyerahkan bantuan menyampaikan bahwa penyaluran Cadangan Pangan Pemerintah Daerah ini merupakan salah satu langkah dan program Pemerintah Kota Tanjungpinang dalam membantu masyarakat yang rentan dan rawan pangan dengan kategori gizi buruk berdasarkan data dari Dinas Kesehatan Kota Tanjungpinang.

 

“Pengadaan cadangan pangan pemerintah daerah berupa beras diberikan kepada keluarga yang terindikasi rentan dan rawan pangan, juga yang disebabkan oleh keadaan darurat, bencana alam dan bencana sosial”, jelas Rahma.

 

Rahma menambahkan, penyaluran kali ini diberikan kepada keluarga balita penderita gizi buruk baik dari kategori berat, sedang maupun ringan. “Hal ini sebagai wujud perhatian pemerintah dalam membantu masyarakat terdampak agar bebas dari rentan dan rawan pangan yang apabila terjadi pada balita lebih jauh akan menyebabkan stunting. Bantuan ini disalurkan dengan harapan dapat mengurangi beban masyarakat dalam memenuhi kecukupan kebutuhan pokok sehari-hari,” tuturnya.

 

Sementara itu Kepala DP3, Yoni Fadri ST, menjelaskan bahwa penyaluran cadangan pangan yang di distribusikan hari ini ke masyarakat sebanyak 712 Kg dengan sasaran 10 Kepala keluarga dengan jumlah 42 Jiwa yang tersebar di 8 Kelurahan.

 

“Bantuan beras kali ini disalurkan untuk kategori gizi buruk yang terbagi menjadi 3 kategori yaitu ringan, sedang dan berat. Untuk setiap jiwa akan menerima 0,4 Kg per hari, dan akan dikalikan dengan jumlah jiwa yang ada dalam setiap keluarga. Bantuan pangan pokok ini diberikan agar keluarga dapat memenuhi kebutuhan protein yang sangat bermanfaat untuk memperbaiki gizi balitanya. Dana yang seharusnya digunakan untuk membeli beras dapat dialihkan untuk membeli pangan protein yang sangat diperlukan untuk masa pertumbuhan dan penyembuhan.” Jelas Yoni.

BERITA TERKAIT :  Launching Peringatan Hari Santri Nasional Tahun 2022

 

Pada kesempatan yang sama, Kadis P3 juga mengimbau kepada pihak kelurahan untuk melaporkan dengan segera jika ada warganya yang terindikasi rentan dan rawan pangan. “Penyaluran ini baru tahap awal, kedepan akan terus disalurkan untuk masyarakat yang telah diverifikasi oleh Tim Teknis Penyaluran cadangan pangan pemerintah daerah. Dan kami mengharapkan kerjasama lintas sektoral untuk menyukseskan ini,” ujarnya.

 

Fica, salah satu warga yang balitanya mengalami gizi buruk berat, mengucapkan terimakasih kepada Walikota Tanjungpinang atas perhatian yang telah diberikan kepada keluarganya. Selain bantuan beras, keluarganya juga mendapatkan bantuan pengurusan BPJS Kesehatan untuk keperluan anaknya berobat di puskesmas atau Rumah Sakit.

 

“Saya sangat terharu, dengan kadatangan Bu Rahma beserta Camat dan Lurah ke rumah saya ini dan saya sangat merasa terbantu dengan bantuan beras yang diberikan. Saya juga ucapkan terimakasih kepada Bu Walikota yang telah memfasilitasi pembuatan kartu BPJS Kesehatan untuk keluarga saya. Semoga dengan adanya kartu BPJS Kesehatan bantuan dari Pemerintah, memudahkan saya membawa anak saya untuk berobat ke rumah sakit,” Ungkap Fica.

 

Adapun lokasi yang diserahkan bantuan diantaranya warga Jalan Usman Harun Kelurahan Tanjungpinang Barat, Jalan Taman Bahagia Kelurahan Bukit Cermin, Jalan Sultan Mahmud Kelurahan Tanjung Unggat, Kampung Bukit Galang I Kelurahan Air Raja, Hang Tuah Kelurahan Pinang Kencana, Perumahan Alam Tirta Lestari Kelurahan Pinang Kencana, Kampung Bugis, dan Melayu Kota Piring

(Simon/Promkopim)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

error: Content is protected !!