OPINI  

Strategi Peningkatan Investasi Bidang Cipta Karya Di Daerah Biak Numfor

Benhillpos.com | Biak – Dalam rangka percepatan pembangunan bidang Cipta Karya di daerah dan untuk memenuhi kebutuhan pendaanan dalam melaksanakan usulan program yang ada dalam RPI2JM, maka Pemerintah Daerah menyusun strategi untuk meningkatkan pendanaan bagi pembangunan infrastruktur permukiman.

Daerah merumuskan strategi peningkatan investasi pembangunan infrastruktur bidang Cipta Karya, sebagai berikut: Pada pelaksanaan pembiayaan, semua sumber pembiayaan yang sudah disepakati antara Pemerintah Kabupaten Biak Numfor dengan Pemerintah Pusat (termasuk dana bantuan luar begeri) dirumuskan dalam dokumen project Memorandum (Kesepakatan Pelaksanaan Program).

Strategi ini untuk mengoptimalkan sumber-sumber pendanaan dan menganalisis perkembangan sumber pendanaan baik eksternal maupun internal.

APBD merupakan sumber pendanaan utama dalam pembangunan dan pengembangan infrastruktur di Kabupaten Biak Numfor. Secara umum APBD merupakan penerimaan daerah dalam pelaksanaan desentralisasi yang terdiri dari Pendapatan Daerah, Belanja, dan Pembiayaan.

Berdasarkan kondisi dan kecenderungan pengalokasian anggaran, maka diperlukan strategi dalam pengoptimalan penggunaan APBD dengan menetapkan kebutuhan program pembangunan dan pengembangan infrasrtuktur Kabupaten Biak Numfor dengan mengintegrasikan langkahlangkah pembangunan infrastruktur di Kabupaten Biak Numfor yang ditetapkan berdasarkan target-target pembangunan infrastruktur sebagaimana telah ditetapkan didalam RPJMD, RPJMN, SPM, maupun MDGs.

Strategi Peningkatan Investasi Bidang Cipta Karya di Kabupaten Biak Numfor dilakukan dengan beberapa hal yaitu :
Mengoptimalkan potensi pendapatan daerah. Pengembangan potensi PAD dilakukan dengan cara: Intensifikasi dan ekstensifikasi pemungutan pajak, retribusi dan lain – lain pendapatan daerah.

Ekstensifikasi pajak tetap mengacu pada UU No. 34 tahun 2000 dan peraturan perundangan lainnya dengan memperhatikan kriteria Bersifat pajak bukan retribusi Dasar pengenaan pajak tak bertentangan dengan kepentingan umum
Obyek pajak bukan merupakan obyek pajak provinsi/pusat

Potensinya memadai Tak memberikan dampak ekonomi negatif Memperhatikan aspek keadilan dan kemampuan masyarakat

BERITA TERKAIT :  Senyum Ceria Anak SD Bulmu Jalan Santai Bersama Satgas Pamtas Yonif Raider 142/KJ

Menjaga kelestarian lingkungan.
Pengembangan penerimaan dari perusahaan milik daerah, melalui pengelolaan BUMD yang lebih efisien dan profesional. Pengembangan upaya peningkatan investasi di Kabupaten Biak Numfor melalui: Penyederhanaan perijinan dan penataan pelayanan investasi melalui pelayanan satu pintu, peningkatan promosi potensi dan peluang investasi daerah, dan pengembangan sistem informasi penanaman modal daerah.

Memperbaiki struktur anggaran dengan meningkatkan proporsi belanja langsung.
Pemanfaatan dana hibah untuk bidang Cipta Karya. Kerjasama pemerintah dan swasta (KPS). Pemanfaatan Dana CSR. ( RED )

Prita Fitria Waluyo (202020100056)
Administrasi Publik
Universitas Muhammadiyah Sidoarjo

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

error: Content is protected !!