Terima Kunjungan Pemkot Palopo, Litbang Kemendagri Uraikan Strategi Tingkatkan Inovasi Daerah

Benhillpos.com | JAKARTA – Pelaksana Harian (Plh.) Kepala Badan Penelitian dan Pengembangan (Litbang) Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri) Eko Prasetyanto menerima kunjungan Kepala Badan Litbang Pemkot Palopo Andi Enceng beserta jajarannya pada hari Selasa, 8 Februari 2022. Pertemuan tersebut dilakukan sebagai upaya Pemkot Palopo untuk meningkatkan inovasi di daerahnya.

“Kami mengapresiasi kunjungan dari Kepala Balitbangda Kota Palopo beserta jajarannya. Hal ini membuktikan Kota Palopo bersemangat untuk melakukan pembenahan inovasi daerah,” ujar Eko saat membuka pertemuan tersebut di Aula Badan Litbang Kemendagri.

Eko menilai, kunjungan itu memiliki peran signifikan dalam menunjang kemajuan inovasi Kota Palopo agar lebih maksimal. Terlebih capaian Kota Palopo dalam Indeks Inovasi Daerah tahun 2021 masih berada pada predikat “Kurang Inovatif”. Untuk itu, Eko berpesan agar Pemkot Palopo terus meningkatkan jumlah inovasi yang dilaporkan, sekaligus meningkatkan nilai kematangannya.

“Keberadaan litbang daerah juga perlu diperkuat karena posisinya strategis dalam mendorong inovasi daerah, disamping mengkoordinasikan perangkat daerah lainnya agar mampu menyusun rancang bangun inovasi yang lebih baik,” pesannya.

Selain itu, imbuh Eko, Pemkot Palopo diimbau untuk membangun ekosistem inovasinya. Langkah ini dilakukan agar iklim inovasi di daerah dapat kondusif. “Dalam membangun ekosistem inovasi perlu keterlibatan peran interaksi dari 6 aspek di antaranya: keterlibatan aktor inovasi, dukungan iptek, peran institusi, dukungan regulasi, dukungan anggaran, dan tata kelola SDM,” kata Eko.

Sementara itu, dalam kesempatan yang sama, Andi Enceng menyampaikan terima kasih kepada Badan Litbang Kemendagri atas asistensi yang diberikan. Dirinya berharap, seluruh jajaran Pemkot Palopo dapat segera melakukan pembenahan inovasi.

“Yang terpenting bagaimana merubah _mindset_. Kami berharap Litbang Kemendagri dapat melakukan pembinaan lebih intens kepada kami agar inovasi dapat menjadi budaya kerja di Kota Palopo,” pungkas Andi. ( DNM / Red )

BERITA TERKAIT :  Bertemu PM Jepang, Wapres Tekankan Kerjasama Strategis Indonesia - Jepang di Bidang Ekonomi dan Pengembangan Kapasitas SDM

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

error: Content is protected !!