Tim Puslitbang Polri : Indeks Kepercayaan Masyarakat Terhadap Polres Toba 8,76%

Benhillpos.com | TOBA – Puslitbang Polri (Pusat Penelitian dan Pengembangan Polri) melaksanakan Penelitian tentang “Tingkat Kepercayaan Masyarakat Terhadap Kinerja Polri” dan “Survei Indek Kamtibmas T.A. 2022 di wilayah Polres Toba dan jajarannya pada hari Senin (14/02/2022)

Tim puslitbang Polri melaksanakan Penelitian dan supervisi tingkat kepercayaan masyarakat terhadap kinerja polri di Aula Harungguan Mardemak Polres Toba.

Tim Puslitbang Polri dipimpin oleh Ketua Tim Kombes Pol Drs Azis Saputra beserta rombongan dengan didampingi oleh Karorena Polda Sumut Kombes Pol Haris Budiharto bersama Kapolres Toba AKBP Akala Fikta Jaya S.ik, MH di wakilkan Kabagren Kompol Sahnur Siregar, PJU Polres Toba dan sejumlah Personel dari satuan fungsi dan tokoh Masyarakat.

Kegiatan penelitian yang dipimpin oleh Kombes Pol Drs. Azis Saputra (selaku Ketua Tim Penelitian) dengan anggota Prof. Dr. Dwi Purwoko, M.Si, dari Konsultan BRIN dan Bripda Ikhwan Abdillah.

Adapun Penelitian yang dilakukan adalah dengan menggunakan metode pengumpulan data dari Responden yang mengisi kuesioner secara Online melalui Link sesuai Fungsi Kepolisian, pada masing-masing fungsi adalah sebanyak 30 Responden diluar Anggota/ASN lingkungan Polri, dalam hal ini khusus untuk Fungsi Reskrim adalah Responden yang pernah berurusan dengan Proses Penyidikan antara lain Saksi, Korban, Tersangka, Tahanan dan Pengacara.

Kegiatan dibuka oleh AKBP Akala Fikta Jaya,SIK.,MH melalui Kabag Ren Polres Toba Kompol Shahnur Siregar mengucapkan Terimakasih atas kedatangan dari Tim puslitbang Polri melaksanakan Penelitian dan supervisi tingkat kepercayaan masyarakat terhadap kinerja polri di Polres Toba.

Tim Puslitbang Polri tersebut datang ke Polres Toba dalam rangka melaksanakan kegiatan penelitian tentang Tingkat Kepercayaan Masyarakat terhadap kinerja Polri di wilayah Polres Toba dan jajarannya

BERITA TERKAIT :  Roadshow Radio Kardopa Ke 49 Tahun, Kardopa Gelar Kunjungan Perdana Ke PSD 

Selanjutnya arahan dari Ketua Tim Kombes Pol Drs Azis Saputra yang menjelaskan tentang kehadiran Tim Puslitbang ke Wilayah guna memperoleh data dan informasi langsung dari masyarakat.

Selanjutnya kegiatan tim dilanjutkan dengan mengadakan Focus Group Discussion (FGD) baik kepada para Responden maupun terhadap masing-masing Fungsi Kepolisian, hal ini dilakukan untuk menguatkan fakta-fakta pelaksanaan pelayanan, kemudian bisa memberikan timbal balik berupa masukan yang baik sebagai penunjang tugas Kepolisian dikemudian hari.

Kombes Pol Drs. Azis Saputra dalam arahannya tujuan dari penelitian tersebut adalah untuk melihat tingkat kepercayaan masyarakat dari 5 fungsi layanan kepolisian yaitu fungsi Lalu lintas, Reserse, Intel , Binmas dan Samapta dalam indek nya 8.76 % dimana kinerja Polres Toba dalam jaga HARKAMTIBMAS di Wilayah hukum Polres Toba . Dan harapan kami dapat lebih ditingkatkan kedepan nya.

Dengan terselenggaranya kegiatan Penelitian dan supervisi tingkat kepercayaan masyarakat terhadap kinerja polri Polres Toba berharap bisa menjadi tolak ukur untuk kedepan dalam memberikan pelayanan yang maksimal kepada masyarakat khususnya di kabupaten Toba.

Selanjutnya kegiatan tim dilanjutkan dengan mengadakan Focus Group Discussion (FGD) baik kepada para Responden maupun terhadap masing-masing Fungsi Kepolisian, hal ini dilakukan untuk menguatkan fakta-fakta pelaksanaan pelayanan, kemudian bisa memberikan timbal balik berupa masukan yang baik sebagai penunjang tugas Kepolisian dikemudian hari.

Salah satu peserta dalam FGD Puslitbang Polri, Bapak Wilson Napitupulu, sebagai tokoh masyarakat mengatakan kepada awak media secara pribadi juga mewakili kelompok dalam Puslitbang ini menyampaikan apresiasi kepada institusi Polri bahwa walaupun Toba daerah yang terpencil tapi merupakan daerah yang sangat harmonis dan sangat aman baik dari sisi budaya maupun toleransi.

Pihaknya juga mengucapkan terima kasih kepada Tim Puslitbang Polri yang sudah datang ke daerah ini. Ini merupakan satu langkah yang luar biasa sekaligus menggali informasi-informasi, usul saran dari masyarakat yang bersifat konstruktif.

BERITA TERKAIT :  Dihadapan Kader Pemuda Pancasila, Kapolri Serukan Pentingnya Persatuan - Kesatuan

Masukan dan harapan saya untuk Polres Toba dalam pelaksanaan pelayanan kepada masyarakat serta menjalankan tugas tetap menciptakan kamtibmas yang kondusif dan mengedapankan pedekatan budaya, terutama dalam menyelesaikan persoalan persoalan dalam masyarakat, “ujar bapak Wilson Napitupulu. ( DNM )

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

error: Content is protected !!