Tingkatkan Kapasitas LPM, Bupati Toba : Kiranya LPM Miliki Etos Kerja Hipas

Benhillpos.com | TOBA – Pemerintah Kabupaten Toba melalui Dinas Pemberdayaan Masyarakat, Desa, Perempuan dan Perlindungan Anak (PMDPPA) setempat menggelar pelatihan peningkatan kapasitas Lembaga Pemberdayaan Masyarakat (LPM) Desa untuk 42 desa tertinggal yang ada di Kabupaten Toba pada Rabu (20/03/2024) di Balai Data Kantor Bupati Toba.

Lembaga Pemberdayaan Masyarakat atau LPM adalah lembaga yang dibentuk berdasarkan musyawarah mufakat masyarakat desa, dengan tujuan membantu pemerintah desa dalam memberdayakan masyarakat pada berbagai aspek pembangunan, LPM juga menjadi mitra pemerintah desa dalam hal penyelenggaraan perencanaan, pelaksanaan dan pengendalian kegiatan pemberdayaan masyarakat di bidang pembangunan.

LPM juga sangat kredibel sebagai agen pembangunan, namun keberadaan SDM butuh penguatan untuk mewujudkan tujuan tersebut. Karena itu pemerintah melaksanakan penguatan kepada para LPM untuk menjadi agen pembangunan di desa masing-masing.

Penguatan kapasitas dan kemandirian desa melalui LPM akan membangun basis sosial ekonomi di tingkat lokal dan menggerakkan partisipasi masyarakat dalam pembangunan dan berkembangnya partisipasi gotong-royong dalam pembangunan.

Bupati Toba, Poltak Sitorus melalui Plt. Kadis PMD-PPA, Sergius Gultom menyampaikan agar ke depan LPM Desa memiliki etos kerja Hipas (Hibas, Padot, Togos).

“Harapan kita ke depan adalah LPM Desa bisa memiliki etos kerja HIPAS (Hibas, Padot, Togos) sehingga mewujudkan Desa yang Unggul dan Bersinar,” katanya. ( Red )

BACA JUGA :  Forkopimda Toba Gelar Rapat Koordinasi Persiapan Pilkada Serentak

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

error: Content is protected !!
Verified by MonsterInsights