Tingkatkan Kualitas APBD, Kemendagri Dorong Pemda Optimalkan Penetapan & Pengusulan Rekening Satuan Pendidikan

Benhillpos.com | Jakarta – Pelaksana harian (Plh.) Direktur Jenderal (Dirjen) Bina Keuangan Daerah (Keuda) Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri) Agus Fatoni mengatakan, Kemendagri berkomitmen menyediakan payung regulasi terkait pengelolaan Bantuan Operasional Penyelenggaraan (BOP) dan Penggunaan Aplikasi Rencana Kegiatan dan Anggaran Sekolah (ARKAS).

Meski demikian, kata Fatoni, Kemendagri juga berpesan kepada Pemerintah Daerah untuk segera melakukan percepatan penetapan dan pengusulan rekening satuan pendidikan dalam penyaluran Dana Bantuan Operasional Sekolah (BOS), Bantuan Operasional Penyelenggaraan (BOP) Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD), dan Bantuan Operasional Kesetaraan secara akuntabel dan dapat dipertanggungjawabkan.

“Pemerintah Daerah agar mendorong seluruh Satuan Pendidikan di bawah kewenangan Pemerintah Daerah untuk menerapkan penganggaran, penatausahaan, dan pelaporan penggunaan Dana BOS melalui Aplikasi Rencana Kegiatan dan Anggaran Sekolah (ARKAS) yang di seleng garakan oleh Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi yang terintegrasi dengan Sistem Informasi Pemerintah Daerah yang diselenggarakan oleh Kementerian Dalam Negeri,” kata Fatoni mewakili Menteri Dalam Negeri (Mendagri) Muhammad Tito Karnavian dalam Webinar Merdeka Belajar Episode Keenam Belas bertajuk “Akselerasi dan Peningkatan Pendanaan Satuan Pendidikan”, Selasa (15/2/2022).

Fatoni menegaskan perlu adanya komitmen dari semua kepala daerah Kabupaten / Kota dalam mensukseskan program percepatan penetapan dan pengusulan rekening satuan pendidikan terkait penyaluran Dana BOS, BOP PAUD, dan Bantuan Operasional Kesetaraan.

“Mendorong transparansi dan akuntabilitas pengelolaan Anggaran Satuan Pendidikan berbasis Teknologi Informasi dan tersinkronnya Laporan Realisasi Anggaran Dana BOS dengan Laporan Penggunaan Dana BOS per tahap sebagai syarat penyaluran tahap berikutnya, ” ujar Fatoni.

Di sisi lain, ditekankan Fatoni, dengan adanya pelaksanaan
Merdeka Belajar episode keenam belas dengan tema Akselerasi dan Peningkatan Pendanaan Satuan Pendidikan maka program pemerintah dapat berjalan dengan baik dan bagi Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan, pemerintah daerah, dunia usaha dan dunia industri dapat saling bersinergi untuk meningkatan Kualitas dan Daya Saing Sumber Daya Manusia (SDM) Indonesia.

BERITA TERKAIT :  HUT Provinsi Banten: Sekjen Kemendagri Ingatkan Spirit Otonomi Daerah Dalam Bingkai NKRI

“Pemerintah Daerah untuk mendukung dan memfasilitasi Dinas Pendidikan baik tingkat Provinsi maupun Kabupaten/Kota serta melakukan sosialisasi terkait ARKAS dalam mendukung pengelolaan dana BOS/BOP,” demikian Fatoni. ( DNM / Red )

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

error: Content is protected !!