Topik Dialog Interaktif : Kesiapan Direktorat Reserse Kriminal Khusus Polda Sumut Menjelang Hari Raya Idul Fitri 1445 H/Tahun 2024

Benhillpos.com | Medan – Kesiapan Direktorat Reserse Kriminal Khusus Polda Sumut Menjelang Hari Raya Idul Fitri 1445 H/ Tahun 2024 menjadi Topik dalam acara Dialog Interaktif Halo Polisi di RRI Medan, Rabu, 27 Maret 2024 sekira pukul 15.00 s/d 16.00 wib bertempat di studio 1 RRI jalan Gatot Subroto No. 214 Medan pada channel FM 94.3 Mhz

Hadir selaku Narasumber Direktur Reserse Kriminal khusus yang di wakili oleh Kanit 3 Subdit IV Tipidter Kompol Pandu Winata, S.H., S.I.K., M.H., CPHR., CBA yang di dampingi Baur Subbid Penmas Aiptu Widodo dan di pandu Presenter RRI Mbak Laoka Br Ginting.

Pembukaan Dialog Interaktif di awali dengan pertanyaan dari Presenter Mbak Laoka br Ginting tentang tugas Pokok Direktorat Reserse Kriminal Khusus terkait persiapannya mendekati Hari Raya Idul Fitri, Nara sumber Kompol Pandu Winata langsung menjawab bahwa Direktorat Reserse Kriminal Khusus itu di dalamnya terdapat 5 ( lima ) Subdit, diantara : Subdit 1 Indag, subdit 2 Fismondev, Subdit 3 Tipikor, Subdit 4 Tipidter dan Subdit 5 Cybercrime.
Direktorat Reserse Kriminal khusus dalam menghadapi situasi menjelang Hari Raya Idul Fitri 1445 H ada beberapa tugas – tugas yang kami lakukan untuk menjaga stabilitas situasi menjelang Idul Fitri 1445 H, seperti kami contohnya di Subdit 4 Tipidter yaitu bekerjasama dengan pihak Pertamina guna menjaga ketersediaan dan stok BBM, menjamin tidak terjadinya kelangkaan, kemudian untuk bahan pangan pokok yaitu Subdit 1 Indag yang tangani dan Subdit Cybercrime juga berperan mengawasi di bidang Medsos atau dunia Maya manakala ada pemberitaan atau informasi Hoax yang meresahkan masyarakat contohnya yang meresahkan masyarakat, seperti bidang ekonomi, distribusi pangan, ketersediaan BBM langka yang menjelang Idul Fitri ini muncul, jadi di situ peran cyber agar masyarakat tidak resah dan menimbulkan kekacauan.

BACA JUGA :  Sat Samapta Polres Toba Laksanakan Patroli Di Malam Hari 

Lanjut Pandu Winata langkah – langkah Optimal dari Ditkrimsus Polda Sumut sendiri dengan melakukan Mapping lokasi dimana lokasi – lokasi yang rawan terjadnya penumpukan antrian di SPBU, dalam waktu dekat kami akan kolaborasi dengan pihak Pertamina untuk memastikan bahwa stok BBM jelang idul Fitri tersedia dan aman serta pasca arus baliknya.
Kemudian juga Subdit 1 Indag akan koordinasi dengan satgas pangan provinsi dan instansi Terkait untuk menjamin ketersediaan bahan pangan pokok. Terang Pandu

Tambah Perwira asal Surabaya, Jawa timur ini yang sering terjadi tindak pidana jelang Lebaran adalah Penimbunan bahan pokok dan juga penimbunan BBM dengan modus pelaku membeli bbm khususnya jenis solar di SPBU dengan memodifikasi kendaraan roda 4 atau lebih dengan membuat alat tampung di mobil tersebut kemudian mereka membeli BBM khususnya jenis Solar dari satu SPBU ke SPBU lainnya, lalu ada juga Gas yang di Oplos, dari gas ukuran 3 Kg (subsidi) dipindahkan ke ukuran 12 kg yang harganya lebih mahal, gas yang di subsidi pemerintah di pindahkan ke gas non subsidi, jadi hal – hal seperti ini yang selalu muncul di jelang lebaran di karenakan adanya permintaan yang lebih tinggi, apalagi disektor bahan pangan seperti daging, adanya permintaan tinggi dari pasar menjelang lebaran kita antisipasi adanya daging gelonggongan yg beredar di tengah masyarakat. Itu semua menjadi modus operandi pelaku kejahatan. Jelasnya.
Namun Kami hingga saat ini belom menemukan dugaan pidana tersebut di wilayah Sumatera Utara. Dan akan terus kami monitor dan awasi bersama dengan stakeholder terkait.

Di akhir Dialog Interaktif Kompol Pandu Winata yang pernah mendapatkan penghargaan bergengsi di Washington DC Amerika ini, menghimbau kepada masyarakat agar berhati – hari di dalam melaksanakan Mudik jelang lebaran Idul Fitri 1445 H/ tahun 2024, pihaknya dan Stakeholder terkait akan terus berkolaborasi untuk melayani masyarakat dalam pelaksanaan Mudik lebaran dan arus balik, dan memastikan ketersediaan dan stok BBM aman, jadi tidak ada yang perlu di khawatirkan lagi, di sepanjang jalan nanti pihak kepolisian juga telah menyiapkan Pos Pengamanan Arus mudik dan Arus balik lebaran lengkap dengan di fasilitas pelayanan, Pungkas Pamen Dit Krimsus Polda Sumut yang murah senyum dan berpangkat Melati satu di pundaknya ini. ( Red )

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

error: Content is protected !!
Verified by MonsterInsights