TP PKK Pusat Apresiasi Pemkab Kepahiang dan Kampung Tematik Desa Air Sempiang Manfaatkan Pekarangan Rumah

Benhillpos.com | Kepahiang – Tim Penggerak Pemberdayaan dan Kesejahteraan Keluarga (TP PKK) Pusat mengapresiasi Pemerintah Kabupaten Kepahiang dan Kampung Tematik Desa Air Sempiang yang telah memanfaatkan pekarangan rumah untuk budidaya tanaman pangan. Pemanfaatan tersebut dilakukan oleh PKK Desa Air Sempiang.

Apresiasi itu disampaikan Ketua Bidang III TP PKK Pusat Ai Dariah saat mengunjungi Desa Air Sempiang, Kecamatan Kabawetan, Kabupaten Kepahiang, Senin (26/9/2022) sore. Dariah melakukan kunjungan bersama rombongan Pokja 3 TP PKK Pusat.

“Dengan memanfaatkan pekarangan rumah, rumah mendapatkan nilai tambah. Selain itu, juga memiliki nilai ekonomis dengan menanam apotek hidup dan tanaman pangan di pekarangan rumah,” ujar Ai Dariah.

Dia menekankan, peran pemerintah daerah (Pemda) termasuk pemerintah desa menjadi faktor penting dalam keberlangsungan kegiatan yang bermanfaat tersebut. Dirinya berharap, desa di daerah lainnya juga dapat memanfaatkan pekarangan rumah seperti yang dilakukan Desa Air Sempiang.

Keberhasilan PKK Desa Air Sempiang dalam memanfaatkan pekarangan rumah juga diamini oleh Ketua TP PKK Kabupaten Kepahiang Efie Muhafilah. Menurutnya, upaya itu dapat mendukung pemenuhan bahan pangan yang cukup secara jangka panjang.

“Kami dari PKK Kabupaten juga selalu mendorong Tim PKK yang lain untuk selalu kreatif dan produktif menciptakan sesuatu yang memiliki nilai jual dan dapat membantu pendapatan keluarga,” tuturnya.

Sementara itu, Bupati Kepahiang yang turut hadir menjelaskan, pihaknya sudah bekerja sama dengan TP PKK Kabupaten Kepahiang sesuai bidangnya masing-masing. Hal ini utamanya untuk mendukung program pokok PKK.

“OPD (Organisasi Perangkat Daerah) di Kabupaten Kepahiang sudah bekerja sama dengan PKK dengan bidangnya masing-masing. OPD juga diharapkan dapat menyukseskan program pokok PKK terkait kesejahteraan masyarakat di Kabupaten Kepahiang,” ucap Hidayatullah Sjahid.

BERITA TERKAIT :  Kemendagri Tegaskan Pemberian TPP ASN Disesuaikan Dengan Kemampuan Pemda

Dalam kesempatan itu, TP PKK Pusat menyerahkan bibit tanaman kepada PKK Desa Air Sempiang untuk menunjang program pemanfaatan pekarangan rumah agar lebih meningkat. ( Red / Puspen Kemendagri )

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

error: Content is protected !!