TP PKK Pusat Pantau Vaksinasi Anak dan Booster di DKI Jakarta

Benhillpos.com | Jakarta- Pengurus Tim Penggerak Pemberdayaan dan Kesejahteraaan Keluarga (TP PKK) Pusat berkolaborasi dengan TP PKK daerah menggelar Pemantauan Bersama Pelaksanaan Vaksinasi Anak dan Booster di DKI Jakarta. Pemantauan dilakukan selama dua hari pada tanggal 9 dan 11 Februari 2022.

Pada hari pertama, tim memantau pelaksanaan vaksinasi anak dan booster di Ruang Publik Terpadu Ramah Anak (RPTRA) Mutiara Sumur Batu, Jakarta Pusat dan Stasiun LRT Kelapa Gading. Sedangkan pada hari kedua, pemantauan dilakukan di Gedung PKK Melati Jaya, Jakarta Selatan dan GOR Kalisari, Jakarta Timur.

Kegiatan ini merupakan salah satu bentuk pelaksanaan 10 Program Pokok PKK melalui Gerakan PKK Keluarga Sehat Tanggap dan Tangguh Bencana.

Gelaran tersebut dihadiri oleh Ketua Umum TP PKK Tri Tito Karnavian, dengan didampingi oleh Ketua Bidang Kesehatan Keluarga dan Lingkungan TP PKK Pusat Safriati Safrizal. Turut mendampingi juga Ketua TP PKK DKI Jakarta Fery Farhati, Wakil Ketua I TP PKK Provinsi DKI Jakarta Ellisa Sumarlin, Wakil Ketua II TP PKK Provinsi DKI Jakarta Komariah Marullah, Ketua TP PKK Kota Jakarta Pusat Ucu Jamilah, serta Ketua TP PKK Kota Administrasi Jakarta Selatan Essie Ferantie.

Pada kesempatan itu, Tri Tito Karnavian mengapresiasi para kader TP PKK yang telah berkoordinasi dan menjalin komunikasi, serta bekerja keras membantu pemerintah dengan sangat baik. Hal itu terutama dalam menyediakan layanan vaksinasi anak dan booster di sejumlah fasilitas publik.

Pada kunjungannya di Gedung PKK Melati Jaya, Tri Tito Karnavian tak lupa menyapa Pokja 4 TP PKK se-DKI Jakarta yang turut menyaksikan pemantauan tersebut melalui sambungan virtual. Dirinya juga mendorong para pengurus PKK untuk terus semangat membantu upaya pemerintah dalam mencegah dan menangani Covid-19.

BERITA TERKAIT :  Mendagri Harap Korpri Mampu Jadi Agen Perubahan

Sedangkan pada kunjungannya di wilayah Jakarta Timur, selain memantau jalannya kegiatan vaksinasi anak dan booster, Tri juga sempat meninjau Rumah Pembibitan Anggrek TP PKK Kalisari, Kecamatan Pasar Rebo, Jakarta Timur.

Sementara itu, Ketua Bidang Kesehatan Keluarga dan Lingkungan TP PKK Pusat Safriati Safrizal juga mengapresiasi kecepatan TP PKK DKI Jakarta dalam melakukan vaksinasi.

“Indonesia saat ini termasuk lima besar negara dengan jumlah warga terbanyak yang telah menerima vaksin Covid-19, dan Jakarta adalah provinsi dengan capaian terbesar,” ujar Safriati.

Safriati berharap, cakupan vaksinasi dapat semakin maksimal melalui banyaknya sentra vaksinasi. Dengan begitu, dapat segera terbentuk herd immunitiy atau kekebalan kelompok di tengah masyarakat.

“Dengan adanya sentra-sentra vaksinasi ini maka cakupan vaksinasi bisa maksimal, sehingga terbentuk herd immunity di masyarakat.” tutur Safriati lebih lanjut.

Pada kesempatan itu, TP PKK Pusat membawa sebanyak 1.500 masker PKK, 50 botol hand sanitizer berkapasitas 100 mililiter, serta mini healthy kit yang berisi masker kain 3 lapis dan hand sanitizer berkapasitas 30 mililiter sejumlah 100 paket untuk masing-masing lokasi.

Sebagai informasi, PKK merupakan gerakan nasional dalam pembangunan masyarakat yang tumbuh dari bawah, dengan pengelolaan dari, oleh, dan untuk masyarakat. Gerakan PKK melalui TP PKK beserta para kader diharapkan mampu menganalisis setiap perkembangan serta perubahan yang terjadi. Pelaksanaan program dan kegiatan PKK yang dilakukan secara berkesinambungan, dengan memperhatikan kondisi dan kebutuhan masyarakat, sehingga hasil dan manfaatnya dapat dirasakan langsung. ( DNM / Red )

Sumber : Puspen Kemendagri

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

error: Content is protected !!